Kepemimpinan Kepala Sekolah Ideal

Main Article Content

Yusuf Hamdani
Rodli Fiabdillah
Ridlo Fadloilallah
Muhammad Hadi Wisal

Abstract

Faktor penentu terwujudnya proses pendidikan yang bermutu adalah keefektifan kepemimpinan kepada sekolah; partisipasi dan rasa tanggung jawab guru, staf dan pegawai lainnya dilingkungan sekolah; proses belajar mengajar yang efektif; pengembangan guru, staf dan pegawai lainnya yang terprogram; kurikulum yang relevan dan fleksibel dalam menghadapi perkembangan zama; visi misi dan strategi yang jelas; iklim sekolah yang kondusif; penilaian komperhensif tentang kekuatan dan kelemahan; komunikasi yang dilakukan secara efektif, baik secara internal maupun eksternal; serta keterlibatan orang tua dan masyarakat (Karwati, 2013). Tulisan ini merupakan hasil studi pustaka yang mencoba memberikan konsep dalam rangka mengembangkan sekolah yang efektif melalui peran maksimal dari kepala sekolah, melihat model kepemimpinan kepala sekolah yang ideal.

Article Details

How to Cite
Hamdani, Y., Fiabdillah, R., Fadloilallah, R., & Wisal, M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Ideal. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 472-481. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/501
Section
Articles