Systematic Literature Review: Variasi Bahasa pada Remaja dalam Penggunaan Media Sosial

Main Article Content

Fauziah Nasution
Anni Kholilah Siregar
Shoni Faried Sopiyanto
Nahda Sahriani Lubis

Abstract

Abstract: Along with the development of the times, social media is used as a medium of communication for intermediaries in conveying information. This makes the Indonesian language also develop following language trends on social media. Language is also created with the peculiarities of each group and adapted to the culture of that group. The specificity of language creates a variety or variety of languages that are used and understood by a particular group of people. One of the language variations used on social media, especially by teenagers, is slang. The purpose of this research is to conduct a literature review system regarding language variations in adolescents in the use of social media. The research method used is a Systematic Literature Review using three journal articles that are appropriate to the research topic. The conclusion obtained is that there are six patterns of the formation of language variations in adolescents on social media, namely in the form of abbreviations, acronyms, shortening of words, words that are made up, and words that experience a shift in meaning. In addition, the variations of slang used by teenagers on social media can also be divided into two based on the meaning of the language in it, namely slang that has a positive meaning and slang which has a negative meaning.


Abstrak: Seiring dengan berkembangnya zaman, media sosial digunakan sebagai media komunikasi untuk perantara dalam menyampaikan informasi. Hal ini membuat bahasa Indonesia juga berkembang mengikuti tren bahasa di media sosial. Bahasa juga tercipta dengan kekhasan setiap kelompok dan disesuaikan dengan kebudayaan kelompok tersebut. Kekhasan bahasa menciptakan ragam atau variasi bahasa yang dipakai dan dipahami oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. Salah satu variasi bahasa yang digunakan di sosial media terutama oleh para remaja adalah bahasa gaul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan system literature review mengenai variasi bahasa pada remaja dalam penggunaan media sosial. Metode penelitian yang digunakan ialah Systematic Literature Review dengan menggunakan tiga artikel jurnal yang sesuai dengan topik penelitian. Kesimpulan yang didapatkan yaitu terdapat enam pola pembentukan variasi bahasa pada remaja di sosial media yaitu berupa singkatan, akronim, pemendekan kata, kata yang dipelesetkan, dan kata yang mengalami pergeseran makna. Selain itu variasi bahasa gaul yang digunakan remaja di media sosial juga dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan makna bahasa yang ada didalamnya, yaitu bahasa gaul yang memiliki makna positif dan bahasa gaul yang memiliki makna negatif.

Article Details

How to Cite
Nasution, F., Siregar, A., Sopiyanto, S., & Lubis, N. (2022). Systematic Literature Review: Variasi Bahasa pada Remaja dalam Penggunaan Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(2), 154-161. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i2.5074
Section
Articles

References

Alyusi, S. D. (2018). Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Bandung: Prenadamedia Group.
Anggraeni, D. K., Purwanto, B. K., & Sari, V. I. (2020). Bahasa Gaul pada Status Facebook Siswa SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal. Journal Skripta, 6(1), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.916
Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167
Fawaid, F. N., Hieu, H. N., Wulandari, R., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul pada Remaja Milenial di Media Sosial. Jurnal Literasi, 5(1), 64–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4969
Goziyah, & Yusuf, M. (2019). Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 120–125. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Gumilar, G., Adiprasetio, J., & Maharani, N. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16275
Haq, S. C., & Afdhaliyah, R. (2021). Variasi Bahasa dalam Media Sosial Twitter. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 104–116. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i1.4732
Hermaji, B. (2016). Teori dan Metode Sosiolinguistik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Hudaa, S., & Bahtiar, A. (2020). Variasi Bahasa Kaum Milenial: Bentuk Akronim dan Palindrom dalam Media Sosial. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 41–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1470
Irawan, S., Sudika, I. N., & Hidayat, R. (2020). Karakteristik Bahasa Gaul Remaja sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 201–213. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.44
Iswatiningsih, D., Fauzan, & Pangesti, F. (2021). Ekspresi Remaja Milenial Melalui Penggunaan Bahasa Gaul di Media Sosial. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 476–489. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.18301
Lusiana, & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk Mengidentifikasi Isu-Isu dalam Software Engineering. SATIN: Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.347
Prayudi, S., & Nasution, W. (2020). Ragam Bahasa dalam Media Sosial Twitter: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 269–280. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1140
Rahayu, S., & Hosizah. (2021). Implementasi Sistem Rujukan Layanan Kesehatan: Systematic Literature Review. INOHIM, 9(2), 138–152. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/inohim.v9i2.312
Sardiyah, N. (2020). Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa UNS 2019. PREPRINTS, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/w94xy
Sari, L. K., Akbarjono, A., & Meddyan, H. (2022). Bahasa Gaul Melalui Media Sosial Whatsapp di Kalangan Remaja Desa Talang Karet Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pustaka Indonesia (JPI), 2(2), 21–27. Retrieved from https://siducat.org/index.php/jpi/article/view/405
Waridah. (2015). Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya. Jurnal Simbolika, 1(1), 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i1.53
Yana, A., Nurlela, & Gustianingsih. (2018). Kosakata Bahasa Gaul Siswa Sekolah Dasar Kelas Tingg. Jurnal Handayani, 9(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jh.v9i1.10507
Zakiyah, A. M., Sari, Y. I., & Susetya, D. S. H. (2021). Penggunaan Akronim dan Bahasa Gaul dalam Kalangan Remaja pada Media Sosial. RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies, 2(3), 195–206. https://doi.org/https://doi.org/10.52187/rdt.v2i3.52