Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 72 Lembang

Main Article Content

Nurafni Oktavia
Aisyah Suryani
Fitriyanti Sulaiman

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to find out how to improve the discipline of doing homework through self-control technique group guidance services for class X students of SMK Latanro, Enrekang Regency. The method used in this study is a quantitative method with the type of pre-experimental research (Pre-Experimental). The population in this study were all of class X SMK Latanro Enrekang, Enrekang Regency, totaling 45 people where as many as 20 students were sampled in this study. The results showed that group guidance services using self-control techniques could improve the discipline of doing homework for class X students at SMK Latanro Enrekang. The total discipline score of doing homework before being given the treatment of group guidance services with the self-control technique was 551 with an average of 27.5 then the total score of discipline increased to 700 with an average of 35 when given the treatment of group guidance services with the self-control technique. There was no decrease in student discipline scores or negative ratings when after being given treatment of group guidance services with self-control techniques.


Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatkan disiplin mengerjakan pekerjaan rumah melalui layanan bimbingan kelompok teknik self control pada siswa kelas X SMK Latanro Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen (Pre-Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Latanro Enrekang Kabupaten Enrekang yang berjumlah 45 orang dimana sebanyak 20 siswa dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control dapat meningkatkan disiplin mengerjakan pekerjaan rumah siswa kelas X SMK Latanro Enrekang. Total skor kedisiplinan mengerjakan pekerjaan rumah siswa sebelum diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control sebesar 551 dengan rata-rata 27,5 kemudian total skor kedisiplinan meningkat menjadi 700 dengan rata-rata 35 pada saat diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control. Tidak terdapat penurunan skor kedisiplinan siswa atau negative ranks pada saat setetlah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control.

Article Details

How to Cite
Oktavia, N., Suryani, A., & Sulaiman, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 72 Lembang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(2), 162 -170. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i2.5275
Section
Articles

References

Adhiputra, A.A, N. (2015). Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademik.
Ali, M. dan Asrori. (2011). Psikologi Remaja – Perkembangan Peserta Didik. Cetakan ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, J, M. (2011). Pendidikan Karakter Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Charles, M, F. (2015). “Behavioral Self-Management with At-Risk Children”.Central: Michigan University.
Duwi, P, (2013). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Faridz, N. (2013). Pekerjaan Rumah: Tujuan, Rancangan dan Kebijakan. [online] www.bincangedukasi.com/pekerjaan-rumah-tujuan-rancangankebijakan/ (diakses tanggal 01 April 2020 pukul 22.00 WIB).
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Komalasari. (2011). Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta. Indeks.
Moenir. (2010). Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mulyadi. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah & Madrasah. Jakarta: Kencana.
Mustari, M. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Namora, L, L. (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Prayitno. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia.
Rahman, M, A. (2011). Pentingnya Disiplin Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Rosidah, A, F. (2013). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Mengerjakan tugas Pekerjaan Rumah Melalui Layanan Informasi Pada Kelas V SDN Kayuapu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus.
Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS.
Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1 Maret, 1-5.
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional