Layanan Bimbingan Konseling Islam Untuk Merubah Perilaku Agresif Siswa di SMP 3 Alla Enrekang

Main Article Content

Handayani Sura
Muhammad Junaedi Mahyuddin
M Yunus Sudirman
Cut Atira Baguna
Murni Murni

Abstract

Abstract: Aggressiveness that is owned by some students, mostly comes from problems that occur in the family, so that students tend not to be able to accept and manage problems let alone solve them. There was a report from the counseling guidance teacher at Alla 3 Middle School that there were some students who behaved aggressively, which prompted the researcher to change this behavior. This problem must be resolved and find out the main cause, by testing the effectiveness of Islamic guidance and counseling services by conducting guidance and counseling action research. The Islamic counseling approach in question is an individual counseling process whose essence is directing clients to understand, accept, internalize, and actualize Islamic religious values ​​in their lives so that the heart and soul strength emerges to return to their nature. The research subjects were 35 students in class VIII at SMP 3 Alla Enrekang. The method used in this research is guidance and counseling action research with cyclical procedures through the stages of planning, action, observation, and reflection. The results showed that: (1) Islamic Guidance and Counseling services in guidance and counseling services are able to improve aggressive behavior of female students and (2) through Islamic Guidance and Counseling Services students have the ability to face, manage, and solve every problem they face.


Abstrak: Agresif yang dimiliki oleh sebagian siswa, sebagian besar berasal dari permasalahan yang terjadi di dalam keluarga, sehingga siswa cenderung tidak dapat menerima dan mengelola masalah apalagi menyelesaikannya. Adanya laporan dari guru bimbingan konseling di SMP 3 Alla bahwa ada beberapa siswa yang berperilaku agresif, sehingga membuat peneliti ini mengubah perilaku tersebut. Masalah tersebut harus di tuntaskan dan di cari tahu penyebab utamanya, dengan cara menguji efektifitas layanan bimbingan konseling islami dengan cara melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Pendekatan konseling Islami yang dimaksud adalah suatu proses konseling individual yang esensinya mengarahkan klien agar memahami, menerima, menginternalisasi, serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupannya sehingga muncul kekuatan hati dan jiwa untuk kembali kepada fitrahnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 siswa di SMP 3 Alla Enrekang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan prosedur siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layanan Bimbingan Konseling Islam dalam layanan bimbingan dan konseling mampu memperbaiki perilaku agresif siswi dan (2) melalui Layanan Bimbingan dan konseling Islam siswa memiliki kemampuan untuk menghadapi, mengelola, dan mengentaskan setiap masalah yang dihadapinya.

Article Details

How to Cite
Sura, H., Mahyuddin, M., Sudirman, M., Baguna, C., & Murni, M. (2022). Layanan Bimbingan Konseling Islam Untuk Merubah Perilaku Agresif Siswa di SMP 3 Alla Enrekang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(2), 187 - 197. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i2.5370
Section
Articles

References

Arifin. Pokok-pokok Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta. 1979. Bulan Bintang.
Akhyar, Saiful Lubis. Konseling Islami dan Kesehatan Mental. 2011. Cita Pustaka Media Perintis
Andi Munir, Samsul Amin. Bimbingan dan Konseling Islam. 2010. Jakarta. Amzah
Baron, Robert A. Dan Donn Byrne (1997), Social Psychology, Boston: Allyn and Bacan, Boston,
Berkowitz, L. (1993) Aggression its Causes, Consequences and Contol, New York: McGraw Hill, Inc.
Chaplin, JP.( 1999) Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Departemen Agama Republik Indonesia, Al Quran dan Terjemahnya (1989). Semarang: CV Toha Putra,
Gordon, Thomas (1984).Menjadi Orang Tua Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
Harun Yahya (2007) Konseling Islami Sebagai Upaya Mengembalikan Fitrah Manusia.Makalah Untuk Lingkungan Sendiri, Bandung.
Hallen. Bimbingan dan Konseling. 2005. Jakarta. Quantum Teaching 

Imam Tadjri (2005). Mempertemukan Konseling Model Barat Dengan Konseling Model Timur Dalam Pendekatan Metode dan Prosedur. Bandung: Rizqi Press.
Jalaluddin (2000).Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Koeswara, E. (1988) Agresi Manusia. Bandung: Eresco.
M. Toha Anggoro, dkk. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Mubiar Agustin (2005) Dimensi Religiusitas Dalam Bimbingan dan Konseling,
Bandung: Rizqi Press,
Nasori, F. & Mucharam, D.R. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.
Natawidjaja, Rachman. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. 1990. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia
Winkel, W.S. Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah menengah. 1989. Jakarta. Gramedia