Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Learning Kelas IV SD CIPONDOH 1

Main Article Content

Alifia Rahma Burhanudin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV siswa di SD Negeri Cipondoh 1 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana caranya meningkatkan motivasi belajar IPS dengan menggunakan Quantum teaching learning metode; (2) dapatkah penggunaan metode pembelajaran Quantum teaching meningkat motivasi dalam mata pelajaran IPS secara keseluruhan pada siswa kelas IV A di SD Negeri cipondoh 1 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana caranya meningkatkan motivasi belajar IPS dengan menggunakan Quantum teaching learning metode; (2) dapatkah penggunaan metode pembelajaran Quantum teaching meningkat motivasi dalam mata pelajaran IPS secara keseluruhan pada siswa kelas IV A di SD Negeri Cipondoh tahun pelajaran 2022/2023. Objek ini Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Itu Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya peningkatan motivasi belajar IPS dan prestasi dengan menggunakan metode Quantum Teaching Learning dapat terlaksana dengan desain pembelajaran Quantum Teaching Learning yaitu tumbuh, alami, beri nama, tunjukkan, ulangi, rayakan; (2) penerapan Quantum Teaching Metode pembelajaran dapat meningkatkan motivasi. Hal ini terlihat dari hasil tes melalui skala motivasi belajar pra tindakan yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh data motivasi belajar siswa yang memiliki skor <50 atau memiliki motivasi belajar rendah sebanyak 24.

Article Details

How to Cite
Burhanudin, A. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Learning Kelas IV SD CIPONDOH 1. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(1). https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i1.6214
Section
Articles