Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Learning Kelas IV SD CIPONDOH 1
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas
IV siswa di SD Negeri Cipondoh 1 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
bagaimana caranya meningkatkan motivasi belajar IPS dengan menggunakan
Quantum teaching learning metode; (2) dapatkah penggunaan metode
pembelajaran Quantum teaching meningkat motivasi dalam mata pelajaran IPS
secara keseluruhan pada siswa kelas IV A di SD Negeri cipondoh 1 Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana caranya meningkatkan motivasi belajar
IPS dengan menggunakan Quantum teaching learning metode; (2) dapatkah
penggunaan metode pembelajaran Quantum teaching meningkat motivasi dalam
mata pelajaran IPS secara keseluruhan pada siswa kelas IV A di SD Negeri Cipondoh
tahun pelajaran 2022/2023. Objek ini Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Itu Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket, lembar observasi motivasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif analisis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) upaya peningkatan motivasi belajar IPS dan prestasi
dengan menggunakan metode Quantum Teaching Learning dapat terlaksana dengan
desain pembelajaran Quantum Teaching Learning yaitu tumbuh, alami, beri nama,
tunjukkan, ulangi, rayakan; (2) penerapan Quantum Teaching Metode pembelajaran
dapat meningkatkan motivasi. Hal ini terlihat dari hasil tes melalui skala motivasi
belajar pra tindakan yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh data motivasi belajar
- siswa yang memiliki skor <50 atau memiliki motivasi belajar rendah sebanyak 24