Efektivitas Blended Learning Dengan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Main Article Content

Rahmat Said
Kairawan Kairawan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pembelajaran campuran menggunakan aplikasi Quizizz mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa di kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi, Enrekang. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui apakah minat siswa terhadap penggunaan pembelajaran campuran dengan aplikasi Quizizz. Penelitian ini menerapkan eksperimen semu, atau quasi-eksperimen. Untuk desain penelitian, digunakan desain kelompok kontrol Non-equivalent.  Studi ini melibatkan siswa SMA Muhammadiyah Kalosi, Enrekang, yang berada di kelas XI. Penelitian ini melibatkan 137 siswa. Kelas XI MIPA 1 digunakan sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI MIPA 2 digunakan sebagai kelas kontrol dalam penelitian ini. Instrumen  penelitian adalah soal pilihan ganda dengan dua puluh nomor pada pre-test dan dua puluh nomor pada post-test. Prosedur pengumpulan data dilakukan pada pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran campuran atau blended learning menggunakan aplikasi Quizizz mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa Kelas Sebelas MIPA I SMA Muhammadiyah Kalosi

Article Details

How to Cite
Said, R., & Kairawan, K. (2023). Efektivitas Blended Learning Dengan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(1), 21-26. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i1.6484
Section
Articles