Pengaruh Persepsi Atas Pendekatan Komunikatif Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa (Survei pada Sekolah Menengah Pertama Swasta di Bekasi)

Main Article Content

Mansuetus Mola

Abstract

Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh persepsi siswa atas pendekatan komunikatif terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Populasi terjangkau adalah siswa dari 2 sekolah di Bekasi, sebanyak 60 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek di dalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan dua variabel yang terdiri dari  variabel bebas, yaitu persepsi siswa atas pendekatan komunikatif serta variabel terikat, yaitu prestasi belajar bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan data sekunder untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji linieritas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa Inggris dipengaruhi oleh persepsi siswa atas pendekatan komunikatif.

Article Details

How to Cite
Mola, M. (2021). Pengaruh Persepsi Atas Pendekatan Komunikatif Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa (Survei pada Sekolah Menengah Pertama Swasta di Bekasi). EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 1-9. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/656
Section
Articles