Penerapan Teknik Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta DidikDi Kelas VIII A SMP Negeri 1 Enrekang

Main Article Content

Sartika Sartika
Aisyah Suryani
Muhammad Junaedi Mahyuddin

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Enrekang. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah tentu tidak selamanya berjalan dengan baik dan lancar, salah satu penyebab penghambat kelancaran proses belajar ialah rendahnya minat belajar peserta didik yang akan berdampak buruk pada prestasi akademik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui penerapan teknik positive reinforcement pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Enrekang. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan penelitian sebanyak 16 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang dapat dilihat dari hasil pre-test angket minat belajar, dimana total skor sebesar 663 dengan rata-rata sampel 41,44 berada pada kategori minat belajar peserta didik rendah dan mengalami peningkatan pada hasil post-test angket dengan total skor 1.345 dengan rata-rata sampel 84,07 berada pada kategori minat belajar peserta didik tinggi sehingga data ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan teknik positif reinforcement untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Enrekang.


Abstract: The problem in this research is the low learning interest of class VIII A students at SMP Negeri 1 Enrekang. In carrying out the teaching and learning process in schools certainly does not always run well and smoothly, one of the causes of obstacles to the smooth learning process is the low interest in learning of students which will have a negative impact on student academic achievement. The purpose of this study was to increase students' interest in learning through the application of positive reinforcement techniques to students in class VIII A at SMP Negeri 1 Enrekang. The research method used in this study was quantitative research with a one group pretest-posttest research design and sampling using a purposive sampling technique, with a total of 16 students in the study. The results of this study indicate that there is an increase that can be seen from the results of the pre-test of the interest in learning questionnaire, where a total score of 663 with an average sample of 41.44 is in the category of low student interest in learning and experiences an increase in the results of the post-test questionnaire with a total score of 1,345 with a sample average of 84.07 is in the category of high student interest in learning so that this data indicates the effect of applying positive reinforcement techniques to increase student learning interest in class VIII A at SMP Negeri 1 Enrekang.

Article Details

How to Cite
Sartika, S., Suryani, A., & Mahyuddin, M. (2023). Penerapan Teknik Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta DidikDi Kelas VIII A SMP Negeri 1 Enrekang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(1). https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i1.6587
Section
Articles

References

Andi T. & Babay H. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. Iain Raden Intan Lampung.
Anwar Chairul. 2018. Strategi Pembelajaran Nilai. Jurnal Pendidikan Islam. e-ISSN 0853-671
Arifin H.M. 2011. IlmuPendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Edi Kurnanto & Fitria. 2014. Konseling Kelompok. Purwokerto.
Efford, B., T. 2017. Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta Pustaka Pelajar
Eko Putro W. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Erford Bradley T. 2017. Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fitria Esti. W., Purwati, Sugiyadi. 2015. Reinforcement Dalam Konseling Kelompok Dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 10 Kota Magelang. Journal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiya Magelang.
Fitriani. 2019. Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VIIII A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika Vol 2 No.3
Hurlock. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Jayanti, S., H., E. 2019. Strategi Positive Reinforcement dalam Meningkatkan motivasi menghafal Al-qur’an pada siswa SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta. Skripsi Bimbingan Konseling. UIN Sunan Kalijaga
Jennifer Ann, JunqinZhai, Aik Lin Tan. 2014. Factors Affective Student Interest In School, International Journal Of Science Education.
Junaedi Mahyuddin. Model Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bimbingan Konseling. Universitas Muhammadiyah Enrekang.
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Namora Lumanggo. L. 2011. Psikilogi anak. Surabaya.
Ni Luh, A., dkk. 2014. Efektivitas konseling behavioral dengan teknik positive reinforcement untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIIII SMP Negeri 2 singaraja tahun ajaran 2013/2014. Jurnal BK Undiksha Vol. 2 No. 1
Riwahyudin, A. 2015. Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Kelas V SD Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (1), 11-23
Sudirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press
Supriyanto. (2013). Metodelogi Penelitian.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian penddikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta