Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak di Kelurahan Malua Kabupaten Enrekang

Main Article Content

Hairul Hairul
Kairawan kairawan
Arif Efendi

Abstract

Abstract : The family is the first and foremost educational institution, which determines the future of a family's life. Is a container and place for the growth and development of children (family) as a whole. Thus the family means to have a very large role in shaping the soul and personality of a child, because the good and bad of a child's personality and soul are very dependent on the family or both parents. Personality is a trait that makes it a separate characteristic from other people which is reflected in behavior, way of speaking, way of thinking. Children's personality can be formed by continuously training students on various good characters, the family environment has an important role in the formation of children's character


 Abstrak : Keluarga merupakan suatu lembaga pendidikan yang pertama dan utama, yang sangat menentukan akan masa depan suatu kehidupan keluarga. Merupakan suatu wadah dan tempat untuk tumbuh dan berkembangnya anak-anak (keluarga) secara keseluruhan. Dengan demikian keluarga berarti mempunyai peranan yang sangat besar dalam membentuk jiwa dan kepribadian seorang anak, karena baik buruknya pribadi dan jiwa anak sangat tergantung dari keluarga atau kedua orang tuanya. Kepribadian merupakan suatu sifat yang menjadikannya sebagai ciri tersendiri dari orang lain yang tercerminkan dari tingkah laku, cara berbicara, cara berfikir. Kepribadian anak dapat dibentuk dengan melatih anak secara terus menerus pada berbagai karater yang baik, lingkungan keluarga memiliki peranan penting dalam pembetukan karater anak

Article Details

How to Cite
Hairul, H., kairawan, K., & Efendi, A. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak di Kelurahan Malua Kabupaten Enrekang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(1). https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i1.6612
Section
Articles

References

Ali Maksum dan Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern(Yogyakarta: Ircisod, 2004), hlm. 272-273.
Hasan Langgulung, Pendidikan Islam dalam Abad ke 21(Jakarta: PT Pustaka Al-Husna Baru, 2003), hlm. 69-71;
Jalaluddin, Psikologi Agama ( Pt Raja Grafindo : Jakarta :2015) Cet-17 H 183
Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Ringkasan Shahih Al-Bukhari, ( Pustaka As-Sunah: Jakarta: 2017) Cet Ke-1, H-905 36 Jalaluddin, Op. Cit H 185 37 Ibid, 23
Saputro, Heri danYufentri Otnial Talan, 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1-8.
Sugito, interaksi dalam keluarga sebagai dasar pengembangan kepribadian Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Sukaimi, Syafi’ah. 2013. Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak: Tinjauan Pustaka
Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak , ( Jakarta : Pt Bumi Aksara : 2011) Cetakan Ke- 4. H. 6
Sumadi Suryabrata, Psikologi Kepribadian, ( Pt Rajagrafindo Persada, Jakarta 2015) H.205
Septi Gumiandari, Jurnal Kepribadian Dalam Perspektif Psikologi Islam, Juni 2011
Suparlan, Psikologi Dan Kepribadian Prespektif Al-Quran ( Unit Mku Uny: Yogyakarta : 2011 ) H-67 33 Departemen Agama Ri, Al-Qur’an Dan Terjemah ( Cv Fajar Mulya : Surabaya ) H-415