Peran Masyarakat Virtual Dalam Memanfaatkan E-Commerce Shopee di Era Digital

Main Article Content

Madinatul Munawwarah Ridwan
Karmila Pare Allo
M Yunus Sudirman

Abstract

Abstract: Penelitian ini mengkaji peran masyarakat virtual dalam memanfaatkan Shopee, salah satu situs e-commerce terkemuka, dalam konteks era digital. Fokus utama penelitian ini adalah pada motivasi belanja, interaksi sosial, dampak terhadap pola belanja konvensional, dan peran Shopee dalam membentuk preferensi konsumen. Melalui metode penelitian kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis konten media sosial, penelitian ini mengungkap dinamika kompleks yang terjadi di dalam ekosistem Shopee. Temuan menunjukkan bahwa masyarakat virtual memiliki motivasi belanja yang beragam, memanfaatkan Shopee sebagai wadah interaksi sosial yang aktif, mengubah pola belanja konvensional, dan memberikan peran penting kepada Shopee dalam membentuk preferensi konsumen.Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana peran masyarakat virtual dan platform e-commerce saling berinteraksi dalam era digital, memberikan dasar bagi pemangku kepentingan untuk mengembangkan strategi pemasaran dan pengalaman pengguna yang lebih efektif di dalam ekosistem e-commerce yang terus berkembang.


Abstrak: This research examines the role of virtual communities in utilizing Shopee, one of the leading e-commerce sites, in the context of the digital era. The main focus of this research is on shopping motivation, social interaction, the impact on conventional shopping patterns, and the role of Shopee in shaping consumer preferences. Through qualitative research methods involving in-depth interviews, participant observation, and social media content analysis, this research reveals the complex dynamics that occur within the Shopee ecosystem. The findings show that virtual communities have diverse shopping motivations, utilize Shopee as a forum for active social interaction, change conventional shopping patterns, and give Shopee an important role in shaping consumer preferences. The results of this research provide in-depth insight into the role of virtual communities and e-platforms. -commerce interact with each other in the digital era, providing a foundation for stakeholders to develop more effective marketing strategies and user experiences in the ever-evolving e-commerce ecosystem.

Article Details

How to Cite
Ridwan, M., Allo, K., & Sudirman, M. (2023). Peran Masyarakat Virtual Dalam Memanfaatkan E-Commerce Shopee di Era Digital. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(2), 148-155. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i2.7545
Section
Articles

References

Abdul Halim Barkatulla. (2010). Sengketa transaksi e-commerce internasional. Banjarmasin: FH Unlam Press
Abdul Halim Barkatullah, Sengketa Transaksi E-Commerce Internasional: Pengertian, Sebab Kemunculan dan metode Penyelesaian Yang efektif. 2010. Bandung: Nusa Media
Anastasia Diana, (2000) Mengenal E-Commerce. Yogyakarta: Andi http://bppkibandung.id/index.php/jpk/article/view/11. Diakses 23 juni 2023
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.
Kim, D. J., & Forsythe, S. (2008). Adoption of Virtual Try-on Technology for Online Apparel Shopping. Journal of Interactive Marketing, 22(2), 45–59.
Kozinets, R. V., et al. (2002). Netnography: The Marketer’s Secret Weapon. Harvard Business Review, 80(11), 92–98.
Li, H., & Zhang, Z. (2014). The Role of Social Network Websites in Relationship Marketing. Journal of Marketing Channels, 21(3), 179–199.
Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Niniek Suparni. (2001). Masalah cyberspace problematika hukum dan antisipasi pengaturannya. Jakarta: Fortun Mandiri Karya
Nova Yohana Dan tika Wulandari, “Perilaku Komunikasi Kelompok Komunitas Virtual Kaskus Regional Riau Raya”, vol. 17 No.2, Desember 2014, Hal: 117-128.
Onno W. Purbo, dan Aang Arif Wahyudi. 2000. Mengenal e-Commerce. Jakarta: Alex Media Komputindo
Rino Setyadi, “Komunikasi Virtual: Sebuah Keniscayaan Masyarakat Teknologi”, dalam http://komunikasi.us/index.php/course/4899-komunitas-virtual-sebuah-keniscayaan-masyarakat-teknologi, diakses tanggal 23 juni 2023.
Sharon J. Derry, (2005). Interdisciplinary Collaboration: an Emerging Congnitive Science. New Jersey: Lawrence Erlbaum.
Verhoef, P. C., et al. (2015). Consumer Connectivity in a Complex, Technology-Enabled, and Mobile-Oriented Retail Environment. Journal of Interactive Marketing, 31, 2–11.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods. Sage Publications.