Analisis Kebutuhan Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Main Article Content

Asrina Endarwaty

Abstract

Perkembangan anak di usia sekolah dasar sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di masa yang akan datang. Seiring perkembangannya, siswa perlu mendapatkan penanganan yang tepat membantu anak untuk berkembang dengan optimal. Salah satunya berasal dari pendidik. Namun, banyaknya masalah yang dialami sekolah dasar sementara tuntutan guru semakin banyak menunjukkan bahwa adanya ketidak seimbangan peran guru dan permasalahan yang muncul di SD. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan guru Bimbingan Konseling di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi literatur atau kepustakaan. Adapun guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar sangat dibutuhkan. Hal ini dilatar belakangi oleh peran guru dalam mengoptimalkan peserta didik, banyak permasalahan yang muncul di sekolah dasar sedangkan guru tidak memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan program Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar.

Article Details

How to Cite
Endarwaty, A. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(2), 156-161. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i2.7570
Section
Articles