Pengaruh Media Sosial Terhadap Self-Esteem Remaja: Tinjauan Dari Perspektif Psikologi Sosial

Main Article Content

Aisyah Suryani
Asrina Endarwati
Achmad Dahlan Muchtar
Nadar Nadar
Hairul Hairul

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media sosial terhadap self-esteem remaja ditinjau dari perspektif psikologi sosial. Dalam era digital yang terus berkembang saat ini internet menjadi salah satu teknologi saat ini yang paling banyak digunakan oleh manusia. Dengan media sosial remaja dapat berinteraksi secara instan dan menyajikan berbagai konten, media sosial memiliki potensi besar untuk mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk aspek psikologis seperti self-esteem. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Dari hasil tinjauan tersebut dapat di tarik hasil bahwa media sosial memiliki dampak yang signifikan terhadap self-esteem remaja. Terdapat 5 teori psikologi sosial memandang pengaruh media sosial terhadap self-esteem pada remaja yaitu: teori perbandingan sosial, teori penerimaan sosial,  teori Identitas Sosial, teori evaluasi sosial, dan teori resiliensi. Paparan terhadap konten yang diposting di media sosial dapat memicu perbandingan sosial yang merugikan, menyebabkan tekanan untuk mencapai standar yang tidak realistis, dan mempengaruhi persepsi diri remaja terhadap diri mereka sendiri. Interaksi dengan kelompok dan komunitas online juga dapat memengaruhi evaluasi diri remaja, baik secara positif maupun negatif. 


Kata kunci: Media Sosial, Self-Esteem, Psikologi Sosial


 


Abstract: This study aims to determine the effect of social media on adolescent self-esteem from the perspective of social psychology. In the digital era that continues to develop today, the internet is one of the most widely used technologies by humans. With social media teenagers can interact instantly and present various content, social media has great potential to influence various aspects of life including psychological aspects such as self-esteem. The type of research used is library research. From the results of the review, it can be concluded that social media has a significant impact on adolescent self-esteem. There are 5 social psychology theories that view the influence of social media on adolescent self-esteem, namely: social comparison theory, social acceptance theory, Social Identity theory, social evaluation theory, and resilience theory. Exposure to content posted on social media can trigger adverse social comparisons, cause pressure to reach unrealistic standards, and affect adolescents' self-perceptions of themselves. Interactions with online groups and communities can also affect adolescents' self-evaluations, both positively and negatively.


Keywords: Social Media, Self-Esteem, Social Psychology

Article Details

How to Cite
Suryani, A., Endarwati, A., Muchtar, A., Nadar, N., & Hairul, H. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Self-Esteem Remaja: Tinjauan Dari Perspektif Psikologi Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(2), 163-169. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i2.7609
Section
Articles