Pentingnya Kepemimpinan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan

Main Article Content

Ema Bilda Fortuna

Abstract

Setiap perusahaan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan. Dalam manajemen sumber daya manusia yang ada, perusahaan tidak hanya membutuhkan kesejahteraan materi tetapi juga membutuhkan penguatan nilai-nilai spiritual yang telah menjadi strategi besar dalam kajian bisnis. Salah satu faktor penting dalam yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan adalah kepemimpinan. Seorang pemimpin harus bisa membuat karyawannya dapat menerapkan atau meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan dengan cara membangun spiritualisme di dalam diri seseorang guna untuk membangkitkan mental atau rohani berupa keyakinan, ideologi, pedoman atau tuntutan, iman dan etika tidak hanya merubah karakter dan perilaku karyawannya saja, salah satu upaya yang dilakukanseorang pemimpin untuk meningkatkan kinerja karyawanperusahaanadalahdengan menerapkan gaya spiritual. Oleh karena itu, kepeimimpinan spiritual terhadap kinerja karyawan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan.


 

Article Details

How to Cite
Bilda Fortuna, E. (2020). Pentingnya Kepemimpinan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 14-18. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/802
Section
Articles

References

Badeni. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung : Alfabet.
Elihami, E. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Higher of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 79-86.
Fry, L. W. (2003). Toward a theory of spiritual leadership. The leadership quarterly, 14(6), 693-727.
JY Rondonuwu. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan pada PT Ciputra International.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/18379. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2020.
Ls Adyasa. 2017. Hubungan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan. https://media.neliti.com/media/publications/92384-ID-hubungan-gaya-kepemimpinan-dan-motivasi.pdf. Diakses pada tanggal 6 oktober 2020
Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja berbasis Kompetensi. Bogor : Ghalia Indonesia
Meutia, F. S., Sulaiman, F., Elihami, E., & Syarif, S. (2020). Leadership Education and Economic Planning: Motivation the Entrepreneurship Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 90-95.