Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja melalui Layanan Bibliotheraphy
Main Article Content
Abstract
Masa remaja merupakan masa yang sulit bagi setiap individu yang mengalaminya. Masa remaja adalah masa yang penuh dengan “badai dan tekanan jiwa”, yaitu masa di mana terjadi perubahan besar secara fisik, intelektual dan emosional pada seseorang yang menyebabkan kesedihan dan kebimbangan (konflik) pada yang bersangkutan, serta menimbulkan konflik dengan lingkungannya. Merujuk pada perubahan emosinal yang terjadi dalam diri remaja bahwa seyogyanya remaja haruslah memiliki kemampuan untuk dapat memotivasi diri sendiri dan bertahan mengahadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati dan berdoa.Segala konsep tersebut ialah menjadi dasar dari kecerdasan emosional yang dimiliki oleh individu.Remaja dengan pengelolaan kecerdasan emosional yang rendah maka akan menimbulkan output yang kurang baik pula terhadap dirinya sendiri hingga lingkungan sekitarnya.Blibiotherapymerupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yang dirasa efektive dalam meningkatkan kecerdasaan emosional.mendampingi individu yang tengah mengalami emosional yang berkecamuk karena permasalahan yang dia hadapi dengan menyediakan bahan-bahan bacaan dengan topik yang tepat atau sesuai.
Article Details
References
Goleman,D. 1996. Emotional Intellegence : Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting Dari Pada IQ. Jakarta: Gramedia .
HM, Manizar Ely. 2016. Mengelola kecerdasan Emosi. Tadrib.Voll. II No 2
Jahja,Yurdik. 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenamedia Group .
Prawitasari,Johana E. 1998. Kecerdasan Emosi. Buletin Psikologi. No. 1, 21-31
Primastika,Widia. 2018. Kecerdasan Emosional Itu Penting, Kenali Cara Melatihnya. https://tirto.id/kecerdasan-emosional-itu-penting-kenali-cara-melatihnya-c6qG . Diakses pada tanggal 1 oktober 2020