Membangun Karakter Santri Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di Ponpes Miftahul Jannah Pontana

Main Article Content

Hairul Hairul

Abstract

Dalam dunia pendidikan selain berorientasi pada nilai intelektual, juga harus menekankan pada pembangunan karakter siswa, agar mereka cerdas dalam bersikap. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan upaya dalam membangun karakter santri melalui kegiatan pembiasaan shalat berjamaah,dan sudah menerapkan pembiasaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai-nilai karakter yang dibangun melalui kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di Ponpes Miftahul Jannah Pontana Kab. Enrekang, (2 )untuk mendeskripsikan upaya membangun karakter siswa melalui kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di Ponpes Miftahul Jannah Pontana Kab. Enrekang, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai karakter siswa yang dibangun melalui kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di di Ponpes Miftahul Jannah Pontana Kab. Enrekang, diantaranya nilai karakter jujur, disiplin, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) Upaya membangun karakter siswa melalui kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di Ponpes Miftahul Jannah Pontana Kab. Enrekang diantaranya menunjukkan keteladanan, memberikan arahan, memberi motivasi, menanamkan keikhlasan

Article Details

How to Cite
Hairul, H. (2024). Membangun Karakter Santri Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di Ponpes Miftahul Jannah Pontana. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 6(1). https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v6i1.8391
Section
Articles

References

Abdul Rahman Shaleh, (2004). Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa (PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Agus zaenul fitri, (2012). Pendidikan karakter berbasis nilai& etika disekolah (Jogyakarta: Arruz media,
Abu Abdillah Musnid Al Qahthani, Arba’uuna Faa’idatan Min Fawaa’idi Shalaatil Jamaa’ah, terj. Ainul Haris bin Umar Arifin, (2002). 40 Manfaat Shalat Berjamaah Cet. VI; Jakarta: Darul Haq.
Aqwam. Al-Qathani, Said bin Ali Bin Wahf. 2006. Ensiklopedi Menurut Al-Qur‟an dan As-Sunnah. Jakarta: Pustaka
Badruddin Abu Abdullah al-Ba’li al-Hanbali,(2020)Mukhtashar al-Fatawa al-Mishriyah (Mesir: Mathabi at-Tunisi, t.th.)
Departemen Agama RI (1992). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Gema Risalah Press,
Ibnu Juzai al-Maliki, (1968). Qawanin al-Ahkam asy-Syar’iyah wa Masa’il al-Furu’ al- Fiqhhiyyah Lebanon: Dar al-Ilmi li al-Malayin,
Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas, (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter,
Fatkhul Anas, (2011). Indahnya Shalat Berjamaah Cet. I; Yogyakarta: Citra Risalah,
Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mugirah bin Bardizbah Bukhari Ja’fiy
Imam Ibnu Qayyim al- Jauziyah, Kitab Ash-Shalah wa Hukmu Tarikuha (t.t.: t.p., 1375 H),
Muhammad Jawwad Ridla, (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam Perspektif SosiologisFilosofis, Terj Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya
Mulyasa, (2011). Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
Zubaedi, (1011). Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: KENCANA,
Umri Mufidah, (2012) “Efektivitas Pemberian Reward Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini”, Jurnal Of Early Childhood Education Papers: Vol.1, No.1.
Rifa’i, Mohammad. (1993). Fiqih Islam Lengkap, Cet. VII; Semarang: CV. Toha Putra Semarang
Syaiful Bahri Djaramah, (1964). Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,
Teuku Muhammad Hasbi ash-Shiddeqy, (1964). Al-Islam Cet. III; Jakarta: Bulan Bintang,
H.E. Hassan Saleh, et al., eds., (2008). Kajian Fiqih Nabawi dan Fiqih Kontemporer Jakarta: Rajawali Pers
Shalih bin Ghanim. 2010. Kajian Lengkap Shalat Jamaah. Jakarta: Darul Haq
Syaikh mutawalli Al-sya‟rawi,(2007) Tirulah shalat Nabi (Bandung: PT Mizan Pustaka,