ANALISIS PENERAPAN SISTEM KLASIFIKASI DDC DALAM PENGOLAHAN PUSTAKA

Main Article Content

Syahdan Syahdan
Madinatul Munawwarah Ridwan
Ismaya Ismaya
Andi Muhammad Aminullah
Elihami Elihami

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu organisasi yang memberikan jasa penyedia informasi bagi semua orang yang membutuhkan dalam hal ini pemustaka Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan managerial, yuridis dan pedagodik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari pustakawan, bendahara  dan sumber data sekunder yang diperoleh dari referensi, baik berupa majalah, jurnal, artikel dan berbagai hasil penelitian yang relevan. Instrumen penelitian ini menggunakan panduan pedoman wawancara, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem klasifikasi DDC yang digunakan di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap adalah sistem klasifikasi ringkasan DDC cetak. Langkah yang dilakukan pustakawan dalam mengklasifikasi bahan pustaka sama yang menggunakan DDC tercetak yaitu:(1) Menentukan subjek dari judul, kata pengantar, dan disiplin ilmu dari bahan pustaka, (2) menentukan notasi dari judul atau kata pengantar dari setiap bahan pustaka. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam analisis penerapan sistem klasifikasi DDC di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap yakni terkendala dari segi jumlah pustakawan, dan kebutuhan perangkat dalam pengolahan bahan pustaka. Implikasi penerapan  dalam mengklasifikasi bahan pustaka di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap yaitu memudahkan mengetahui kekurangan bahan pustaka di rak dan kerapihan bahan pustaka. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Petugas pengelola harus menggunakan sistem klasifikasi edisi yang terbaru. 2)  Menambah jumlah tenaga pustakawan untuk pengolahan. 3) Memberika fasilitas kebutuhan perangkat untuk pengolahan. 4) Pengelola perpustakaan sebaiknya terus menjalin komunikasi yang baik dengan kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). ANALISIS PENERAPAN SISTEM KLASIFIKASI DDC DALAM PENGOLAHAN PUSTAKA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(1), 63-80. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1669
Section
Articles

References

Arafat, Yasser. “Analisis Bagan Klasifikasi Islam “.Tesis. Depok: PPs Universitas Indonesia, 2011.
Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Bungin, H. M. Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif . Jakarta: Kencana, 2011.
Departemen Agama RI. Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Pustaka Agung Harapan, 2006.
Departemen Pendidikan Nasinal RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Pusat Bahasa, 2008
Habsyi, Sitti Husaebah Pattah. Pengantar Tajuk Subyek dan Klasifikasi. Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Ibrahim, Andi. Pengantar Imu Perpustakaan dan Kearsipan. Jakarta: Gunadarma Ilmu, 2015.
Mathar, Muh Quraisy. Sejarah Perkembangan Perpustakaan Islam. Makassar: Alauddin University Press, 2015.
Mohamad Rotmianto, ‘’Mencermati Nomor-Nomor Opsional (Optional Number) Dalam Sistem Klasifikasi Persepuluhan Dewey Edisi 23 (DDC Edition 23)’’, Record And Library Journal 1, no. 1 (2015): h. 3-11
Eskarya, H., & Elihami, E. (2020). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitaif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Muliyadi, Irvan. Dasar-Dasar Kepustakawanan. Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana, 2011.
NS, Sutarrno. Kamus Perpustakaan dan Informasi . Jakarta: Jalai Permata, 2008.
Perpustakaan Nasional RI. Standar Nasional Perpustakaan Perpustakaan Perguruan Tinggi.Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2009.
Prastowo, Andi. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Ricki Hendriyana, ‘’Penggunaan Sistem Klasifikasi Antara Sistem Klasifikasi The National Technical Informastion Service dan Dewey Decimal Classification’, Visi Pustaka 14, no. 3 (2012): h. 6-8
Rifai, Agus. Teori dan Praktik Klasifikasi Bahan Pustaka. Jakarta: Uin Jakarta Press, 2013.
Sembiring, Darwis. Pengolahan Bahan Pustaka. Bandung:Yrama Widiya, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.
Suwarno, Wiji. Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.
Tairas, J.N.B. Pengantar Persepuluhan Dewey. Jakarta: Libri, 2011.
Tiro, Muhammad Arif. Penelitian Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher, 2009.
Umar, Husein. Metode penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
[1] Agusriadi, A., Elihami, E., Mutmainnah, M., & Busa, Y. (2021, February). Technical Guidance for Learning Management in a Video Conference with the Zoom and Youtube application in the Covid-19 Pandemic Era. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012119). IOP Publishing.
[2] Aminullah, A., Ikram, I., Chandra, F., Fitriani, N., Wasna, W., Misna, M., & Elihami, E. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pelaksanaan PLP Dasar). MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 21-26.
[3] Asrianti, A., Baas, I. B., Elihami, E., & Yusfika, Y. (2021). Islamic Monumental Works is important for politic and educational psychology: Key Issues and Recent developments in Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 146-153.
[4] Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
[5] Efendi, A., & Elihami, E. (2019). GUIDE-LINING FOR LEARNING TO OPTIMIZING LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 56-62.
[6] Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
[7] Elihami, E., & Ibrahim, I. (2019). TEACHING TO VARIATION IN LEARNING FOR NON FORMAL EDUCATION DEPARTMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 29-40.
[8] Elihami, E., & Nurhayani, N. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA PAPAN FLANNEL DI KELOMPOK BERMAIN.
[9] Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
[10] Elihami, E., & Suparman, S. (2019). IMPROVING THE SKILLS OF CHILDREN MOZAIK THROUGH MERONCE IN MEDINA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 29-32.
[11] Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
[12] Elihami, E., & Syarif, I. (2017, November). LEADERSHIP MANAGEMENT AND EDUCATION PLANNING: DEVELOPING THE ENTREPRENEURSHIP TRAINING OF ISLAMIC EDUCATION. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 1, No. 01).
[13] Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
[14] Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 25-35.
[15] Hami, E., & Idris, M. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Panca Lautang Sidrap. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(2).
[16] Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MURID SEKOLAH DASAR. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42-47.
[17] Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 12-20.
[18] Jabri, U., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2019). THE EFFECTS OF APPROACH INSTRUCTION ON STUDENT’S READING PERFORMANCE. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 72-80.
[19] Musdalifah, M., Baharuddin, B., Jabri, U., Elihami, E., & Mustakim, M. (2021, February). Building The Management System: Designs on the use of Blended Learning Environment. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012120). IOP Publishing.
[20] Mustakim, M., Mei_Tuan, T., Elihami, E., & Musdalifah, M. (2020). Teaching Indonesia Language For Kun Shan University Students And Volunteering For Campus Guests From Indonesian Universities Tainan–Taiwan Roc. Maspul Journal Of Community Empowerment, 2(1), 42-53.
[21] Mustakim, M., Tsai, M. T., & Eihami, E. (2020). Understanding Indonesia Language And Culture At Longqi Elementary School Tainan–Taiwan Roc. Maspul Journal Of Community Empowerment, 2(1), 54-61.
[22] Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). LITERATION OF EDUCATION AND INNOVATION BUSINESS ENGINEERING TECHNOLOGY. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 48-55.
[23] Santrock, J. W. (2007). Child development. New York: McGrow.
[24] Shin, J. H., Haynes, R. B., & Johnston, M. E. (1993). Effect of problem-based, self-directed undergraduate education on life-long learning. CMAJ: Canadian Medical Association Journal, 148(6), 969.
[25] Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO PADA PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH PAKET C. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 187-200.
[26] SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
[27] Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 109-117.
[28] Teguh, A. (2004). Kemitraan dan model-model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media, 2.
[29] Zhang, Z., Luo, G., Zhou, S., Zeng, W., Mei, T., Chen, Z., ... & Wang, X. (2021). Reasonably Introduced ZnIn2S4@ C to Mediate Polysulfide Redox for Long-Life Lithium–Sulfur Batteries. ACS Applied Materials & Interfaces, 13(12), 14169-14180.