PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH DI PESANTREN MELALUI KONSEP PENDIDIKAN NONFORMAL

Main Article Content

Ushwa Dwi Masrurah Arifin Bando
Elihami Elihami

Abstract





Tujuan penelitian ini, 1) untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Fiqh di Pesantren Darul Falah Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang, 2) Untuk Mengetahui Hasil Penerapan Metode Demonstrasi di Pesantren Darul Falah Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang, 3) Untuk Mengetahui Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Darul Falah Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang.


Penelitian eksperimen semu dengan nonequivalentgroups pretest-posttest design ini mengandung satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah Metode Demonstrasi sedangkan variabel terikat adalah Pembelajaran Fiqh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Pesantren Darul Falah Kecamatan. Jumlah jenjang sekolah yang ada mata pelajaran fiqh adalah hanya Pesantren dengan jumlah seluruh peserta didik sebanyak  172 orang yang terdiri dari 6 kelas.


Sampel dipilih dengan tekhnik purposive sampling, sehingga didapat tiga kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan metode demonstrasi, dan kelompok kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran fiqh yang tidak menggunakan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi. Teknik angket digunakan untuk mengetahui penilaian pembelajaran fiqh. Teknik observasi digunakan untuk mengungkap pembelajaran fiqh. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analysis of Variance (ANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05.


Hasil penelitian ini adalah Metode Demonstrasi secara signifkan berpengaruh Baik terhadap pembelajaran fiqh peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran fiqh yang tidak menggunakan metode demonstrasi diperoleh p < α yaitu p = 0,000 < α = 0,05 dengan F = 27,890


 





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arifin Bando, U. D. M., & Elihami, E. (2021). PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH DI PESANTREN MELALUI KONSEP PENDIDIKAN NONFORMAL. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(1), 81-90. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1695
Section
Articles

References

[1] Abu Ahmadi, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Cet. 1: Jakarta: Rineka Cipta. 1991.
[2] Achmad Baiquni, Al-Qur’an Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Cet. III: Jakarta: PT. Dana Bakti Prima Yasa, 1995.
[3] Agusriadi, A., Elihami, E., Mutmainnah, M., & Busa, Y. (2021, February). Technical Guidance for Learning Management in a Video Conference with the Zoom and Youtube application in the Covid-19 Pandemic Era. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012119). IOP Publishing.
[4] Aminullah, A., Ikram, I., Chandra, F., Fitriani, N., Wasna, W., Misna, M., & Elihami, E. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pelaksanaan PLP Dasar). MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 21-26.
[5] Asrianti, A., Baas, I. B., Elihami, E., & Yusfika, Y. (2021). Islamic Monumental Works is important for politic and educational psychology: Key Issues and Recent developments in Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 146-153.
[6] Cholid Narbukodan H. Abu Achmad, Metodologi Penelitian, Cet. V: Jakarta: Bumi Aksara, 20013.
[7] Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bogor: Sham Al-Nour, 2007.
[8] Departemen Agama RI, Kurikulum Berbasis Kompetensi Pesantren. Bidang Studi Fiqh (Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam), 2003.
[9] Depdikbut, Tim Penyusun kamus pusat pembinaan dan pengembangan bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jilid II, Cet II: Jakarta: Balai Pustaka, 1989.
[10] Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
[11] Djamarah Bahri Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Cet IV: Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[12] Efendi, A., & Elihami, E. (2019). GUIDE-LINING FOR LEARNING TO OPTIMIZING LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 56-62.
[13] Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
[14] Elihami, E., & Ibrahim, I. (2019). TEACHING TO VARIATION IN LEARNING FOR NON FORMAL EDUCATION DEPARTMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 29-40.
[15] Elihami, E., & Nurhayani, N. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA PAPAN FLANNEL DI KELOMPOK BERMAIN.
[16] Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
[17] Elihami, E., & Suparman, S. (2019). IMPROVING THE SKILLS OF CHILDREN MOZAIK THROUGH MERONCE IN MEDINA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 29-32.
[18] Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
[19] Elihami, E., & Syarif, I. (2017, November). LEADERSHIP MANAGEMENT AND EDUCATION PLANNING: DEVELOPING THE ENTREPRENEURSHIP TRAINING OF ISLAMIC EDUCATION. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 1, No. 01).
[20] Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
[21] Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 25-35.
[22] Hami, E., & Idris, M. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Panca Lautang Sidrap. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(2).
[23] Hamid Darmadi, Kemampuan Dasar Mengajar, Cet II: Bandung: Alfabeta, 2010.
[24] Hasil Wawancara dengan Adi Warsito, S. Si., M. Pd.DirekturPesantren Darul Falah Enrekang.
[25] Hasil Wawancara dengan Jusriani S. Pd. Guru mata pelajaran Fiqh di Pesantren Darul Falah Enrekang.
[26] Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MURID SEKOLAH DASAR. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42-47.
[27] Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 12-20.
[28] Jabri, U., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2019). THE EFFECTS OF APPROACH INSTRUCTION ON STUDENT’S READING PERFORMANCE. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 72-80.
[29] Jhon W. Best, Research in Education, Third Edition: India: Prentice Hill Of India, 1977, diterjemahkan oleh Sanapia Faisal, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
[30] M. Daryono, Psikologi Pendidikan, Cet I: Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
[31] Mahmud Yunus, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 2006.
[32] Mansyur, Strategi Belajar Mengajar, Modul 1-6, Cet I: Jakarta: Departemen Agama, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1992.
[33] Muhammad ‘Athiyyah al- At Tarbiyah al-Islamiyah, diterjemahkan oleh KH. Abdullah Zakiy al-Kaaf, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam, Cet I: Bandung: Pustaka Setia, 2003.
[34] Muhammad Faiz al-Math, Min Mu’jizat al-Islam, diterjemahkan oleh Masykur Hakim dengan judul Keistimewaan Islam, Cet II: Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
[35] Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Cet. II: Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
[36] Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Cet. V: Bandung: Remaja Rosda Karya Offset, 2000
[37] Musdalifah, M., Baharuddin, B., Jabri, U., Elihami, E., & Mustakim, M. (2021, February). Building The Management System: Designs on the use of Blended Learning Environment. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012120). IOP Publishing.
[38] Mustakim, M., Mei_Tuan, T., Elihami, E., & Musdalifah, M. (2020). Teaching Indonesia Language For Kun Shan University Students And Volunteering For Campus Guests From Indonesian Universities Tainan–Taiwan Roc. Maspul Journal Of Community Empowerment, 2(1), 42-53.
[39] Mustakim, M., Tsai, M. T., & Eihami, E. (2020). Understanding Indonesia Language And Culture At Longqi Elementary School Tainan–Taiwan Roc. Maspul Journal Of Community Empowerment, 2(1), 54-61.
[40] Riduwan, Dasar-dasar Statistka, Cet. III: Bandung: Alfabeta, 2013.
[41] Roestiyah, NK, Strategi Belajar Mengajar, Cet. VI: Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001.
[42] Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). LITERATION OF EDUCATION AND INNOVATION BUSINESS ENGINEERING TECHNOLOGY. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 48-55.
[43] Saiful Bahri Djamara, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Cet. I: Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.
[44] Santrock, J. W. (2007). Child development. New York: McGrow.
[45] Shin, J. H., Haynes, R. B., & Johnston, M. E. (1993). Effect of problem-based, self-directed undergraduate education on life-long learning. CMAJ: Canadian Medical Association Journal, 148(6), 969.
[46] Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Cet. IV: Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
[47] Sudirman A. M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. VI: Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
[48] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Cet. 19: Bandung: Alfabeta, 2013.
[49] Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Baru Edisi VI, Cet. XII: Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.
[50] Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO PADA PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH PAKET C. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 187-200.
[51] SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
[52] Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 109-117.
[53] Syayuthi Ali, Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Teori dan Praktek, Cet. I: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
[54] Teguh, A. (2004). Kemitraan dan model-model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media, 2.
[55] UU No. 14 Tahun 2005 tentang Kompetensi Guru dan Dosen.
[56] UU RI No. 20 Tahun 1989 tentang System Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), beserta penjelasannya, Citra Umbara Bandung, 2003.
[57] Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet. I: Jakarta: Kencana, 2008.
[58] Winarco Surachman, Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung: Jemmars, TT.
[59] Zhang, Z., Luo, G., Zhou, S., Zeng, W., Mei, T., Chen, Z., ... & Wang, X. (2021). Reasonably Introduced ZnIn2S4@ C to Mediate Polysulfide Redox for Long-Life Lithium–Sulfur Batteries. ACS Applied Materials & Interfaces, 13(12), 14169-14180.