MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI KELOMPOK BERMAIN AL FURQAN KARRANG
Main Article Content
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas belajar anak usia dini dengan melalui metode mendongeng di kelompok bermain al furqan karrang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah metode pendekatan melalaui mendongeng dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini.
Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari tes hasil belajar dan hasil observasi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus melalui empat prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu pada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan proses yang meliputi tiga tahapan yakni, tahap pra baca, tahap saat membaca dan tahap pasca membaca. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh tingkat keberhasilan pada siklus pertama 31,25%, siklus dua meningkat menjadi 62,55 dan siklus ketiga menjadi 87,5%. Kesimpulan pembelajaran dengan menerapkan proses dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca bagi anak usia dini di kelompok bermain al furqan karrang kabupaten enrekang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai siswa dari siklus I sampai III.