DINAMIKA LEARNING LOSS: GURU DAN ORANG TUA

Main Article Content

Wahyu Dewi Pratiwi

Abstract

Tujuan dari artikel ini yakni mengetahui perubahan dalam banyak segi terutama dalam ekonomi dan Pendidikan, dalam dunia pendidikan learning loss dari hasil dampak penutupan sekolah selama pandemi. Hasi penelitian RISE siswa kelas 3 SD yang melewatkan waktu belajar 6 bulan berpotensi kemampuannya tertinggal 1,5 tahun. Siswa kelas 1 SD yang tidak belajar dalam waktu 6 bulan mengalami ketertinggalan hingga 2,2 tahun. Untuk siswa Indonesia, hingga bulan April 2021 sudah menjalani PJJ selama 13 bulan lebih. Kita bisa membayangkan seperti apa dampaknya bagi anak anak didik di Indonesia. Tentunya dampak ini berbeda untuk setiap anak tergantung seberapa efektif PJJ dan akses ke pendidikan selama pandemi untuk tiap anak dan sekolah.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, W. D. (2021). DINAMIKA LEARNING LOSS: GURU DAN ORANG TUA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(1), 147-153. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1847
Section
Articles

References

[1] Adibah, Faroh. (2018). Peningkatan Daya Saing UMKM Kabupaten Pasuruan Untuk Menopang Perekonomian Nasional Dalam Menghadapi Persaingan Global. MAGISTRA: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 85–92.
[2] Agusriadi, A., Elihami, E., Mutmainnah, M., & Busa, Y. (2021, February). Technical Guidance for Learning Management in a Video Conference with the Zoom and Youtube application in the Covid-19 Pandemic Era. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012119). IOP Publishing.
[3] Asrianti, A., Baas, I. B., Elihami, E., & Yusfika, Y. (2021). Islamic Monumental Works is important for politic and educational psychology: Key Issues and Recent developments in Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 146-153.
[4] Cooper, H. (2003). Summer Learning Loss: The Problem and Some Solutions. ERIC Digest.https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/menghadapi-learning-loss-pendidikan-anak-peran-orang-tua-di-tengah-pandemi-ditulis-oleh-irni-irmayani
[5] Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
[6] Efendi, A., & Elihami, E. (2019). GUIDE-LINING FOR LEARNING TO OPTIMIZING LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 56-62.
[7] Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
[8] Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
[9] Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(17).
[10] Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 25-35.
[11] Hami, E., & Idris, M. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Panca Lautang Sidrap. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(2).
[12] Kerry, T., & Davies, B. (1998). Summer learning loss: The evidence and a possible solution. Support for Learning, 13(3), 118-122.
[13] Sudre, C. H., Li, W., Vercauteren, T., Ourselin, S., & Cardoso, M. J. (2017). Generalised dice overlap as a deep learning loss function for highly unbalanced segmentations. In Deep learning in medical image analysis and multimodal learning for clinical decision support (pp. 240-248). Springer, Cham. https://www.merdeka.com/peristiwa/mendikbud-ristek-25-persen-sekolah-sudah-melaksanakan-belajar-tatap-muka.html
[14] Von Hippel, P. T. (2019). Is summer learning loss real? How I lost faith in one of education research's classic results. Education Next, 19(4), 8-15.
[15] Yoo, D., & Kweon, I. S. (2019). Learning loss for active learning. In Proceedings of the IEEE/CVF Conference on Computer Vision and Pattern Recognition (pp. 93-102).
[16] Menard, J., & Wilson, A. M. (2014). Summer learning loss among elementary school children with reading disabilities. Exceptionality Education International, 23(1).https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-57345553