MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK MELALAUI PERMAINAN MENYUSUN PUZZLE DI TK AVANTI KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Andi Rezky Nurhidaya

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah kerjasama dan kegiatan menyusun puzzle. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama anak kelompok B yaitu pada siklus I mencapai 33,3% dan siklus II mencapai 83,3%. Perolehan persentase pada siklus II membuktikan bahwa peneltian ini mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu persentase dari jumlah peserta didik yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik mengalami peningkatan di atas 75%. Oleh karena itu dengan kegiatan permainan menyusun puzzle dapat meningkatkan kerjasama anak pada kelompok B di TK Avanti Kota Makassar


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhidaya, A. R. (2019). MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK MELALAUI PERMAINAN MENYUSUN PUZZLE DI TK AVANTI KOTA MAKASSAR. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 210-216. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/2113
Section
Articles

References

Abu Huraerah, Purwanto. (2006). Dinamika Kelompok. Bandung: Rafika Aditama.
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.
Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Asteria, Aloysius
Bimo Walgito. (2008). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: ANDI.
Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.
Dr. Daryanto (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:
Kartini Kartono. (2007). Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/10401/10051. pada tanggal 10.
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. (Alih bahasa: Meitasari Tjandrasa dan Maret 2020 pukul 20.50.
Mayke S Tedjaputra. (2001).Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasido.
Mering, Muhamad Ali , Peningkatan Kerjasama Anak
Miftahul Huda, M.Pd..(2011). Cooperative Learning.Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.
Penerbit Gava Medika
Slamet Suyanto.(2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: HikayatPublising.
Soemiati Patmonodewo. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sue Cowley. (2011). Panduan Manajemen Perilaku Siswa. Alih bahasa Gina Gania. Jakarta:Erlangga.
Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang. (2003). Undang-Undang, Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yudha M Saputra dan Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.