Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Berdasarkan Gaya Belajar SMP
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) siswa berdasarkan gaya belajar di UPTD SPF SMP Negeri 4 Liliriaja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk menjelaskan sebaran frekuensi hasil belajar PJOK siswa berdasarkan jenis gaya belajarnya. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 65 siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih secara proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil belajar PJOK semester sebelumnya, dan dalam bentuk angket untuk data tipe gaya belajar siswa. Hasil penelitian bahwa pada skal tertinggi (92 < X ≤ 100) sebanyak 15 siswa memiliki gaya belajar kinestetik yang jauh lebih banyak dibandingkan gaya belajar audio dan visual. Pada skala hasil belajar (83 < X ≤ 91) terdapat 9 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan perbedaan cukup jauh daripada gaya belajar audio dan visual. Hal yang sama juga terjadi pada skala hasil belajar lainnya dengan selisih yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa deskriptif Gaya belajar kinestetik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar PJOK siswa di UPTD SPF SMP Negeri 4 Liliriaja, kemudian gaya belajar visual dan audio.