Efektivitas Kinerja Tenaga Honorer dalam Meningkatkan Etos Kerja di Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang

Main Article Content

Razman Razak
Arif Efendi A.S
Suparman Suparman
Niar Niar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang  efektivitas Kinerja Tenaga Honorer dalam Meningktakan etos kerja dan Faktor yang menghambat efektivitas Kinerja Tenaga Honorer pada Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan masalah utama Bagiamana efektivitas Kinerja dan Faktor – faktor yang menghambat Efektivitas Kinerja Tenaga Honorer pada Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang. Populasi Penelitian ini adalah Tenaga Honorer yang berjumlah 56 orang Untuk mendapatkan data yang diperlukan maka digunakan teknik wawancara Observasi dokumentasi dan angket sebagai sumber data. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil analisis data dengan teknik persentase menunjukkan bahwa efektivitas kinerja Tenaga Honorer dalam meningkatkan etos kerja di Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang menunjukan pada indikator bahwa  Kesiagaan menunjukan angka 91,42% , Kemangkiran menunjukan angka 87,5%, semangat Kerja menunjukan 91,07% , Motivasi 90%, Beban Pekerjaan menunjukan 86,42%,  Waktu menyelesaikan Tugas menunjukan 87,85%, dari ke enam Indikator tersebut  masing-masing berada pada kelas kategori yang sama. Ini berarti bahwa efektivitas kinerja Honorer pada Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang berada pada Kategori Sangat Baik. Sedangkan Fakto – faktor  yang menghambat Efektivitas Kinerja Tenaga Honorer dilihat pada Indikator bahwa Sumber Daya Manusia yang belum Memenuhi Profesionalisme kuliafikasi Diklat menunjukkan 80,7% dan kurangnya kesadaran dalam berlalu lintas menunujukan angka 80,3%, gangguan sarana dan Prasarana menunjukan 79,64%, keterbtasan anggaran menunjukan 80%. dari ke empat  Indikator tersebut  masing-masing berada pada kelas kategori yang sama. Ini berarti bahwa efektivitas kinerja Honorer pada Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang berada pada Kategori Baik. Hasil ini menunjukkan bahwa efektivitas Kinerja dan Faktor menghambat Efektivitas Kinerja Honorer Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang termasuk dalam kategori yang sangat  baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Razak, R., A.S, A. E., Suparman, S., & Niar, N. (2021). Efektivitas Kinerja Tenaga Honorer dalam Meningkatkan Etos Kerja di Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(2), 32-41. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3004
Section
Articles

References

Achmad S Ruky,2001, Sistem Manajemen Kinerja. Panduan Praktis Untuk Merancang dan Meraih Kinerja. Prima, Penerbit: PT. Gramedia. Jakarta.
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta; Bina Aksara.
Atmosoeprapto, Kisdarto. 2002. Menuju Sumber Daya Manusia Berdaya dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efesien. Jakarta: Elex Media.
Baco, N., & Elihami, E. (2021). EFFECT OF PROBLEM BASED: LIFE-LONG EDUCATION IN INDUSTRIAL AND DEVELOPING COUNTRIES. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(1), 1-9.
Cahayani, Ati.2003.”Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen”.Jakarta:PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Daft, Richard L, 2006, Manajemen, Jakarta, Penerbit Erlangga.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Tim Penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Gibson, Ivancevich dan Donnely. 1997. Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, Melayu S.P, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara,. Jakarta.
Irawan, Prasetya. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA-LAN Press.
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Pembaruan.
Lembaga Administrasi Negara. 2001. Jurnal Administrasi Negara. Makassar: STIA-LAN RI
Mahmudi, 2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Mahsun, Mohamad, 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Penerbit BPFE,Yogyakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu . 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung
________. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama
Putra, Fadillah dan Saiful Arif, 2001. Kapitalisme Birokrasi, Kritik Reieventing Government Osborne-Gaebler, Yogyakarta : LKIS.
Nasrah, N., & Elihami, E. (2021). THE IMPORTANCE OF AWARENESS AND EDUCATION IN MUHAMADIYAH UNIVERSITY OF ENREKANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(1), 120-125.
Siagian, S.P. 1978. Kepemimpinan Dan Prilaku, Jakarta : Gunung Agung.
Siagian, S.P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka Cipta.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia
Weber, Max 1978. Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology. 2 vols. Barkeley and Los Angeles: University of California Press.
Widodo, Joko. 2005. Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja.Malang: Bayumedia Publishing
Peraturan dan Perundang-undangan:
Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2007 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS