UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DENGAN METODE BERNYANYI PADA RAUDHATUL ATHFAL AISYIYAH MUNDAN KECAMATAN MASALLE
Main Article Content
Abstract
ujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dengan metode bernyanyi di taman kanak-kanak Raudhatul Atfal Aisyiyah Mundan tahun ajaran 2016/2017.Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan masing-masing siklus terdapat tiga kali pertemuan,observasi dan refleksi sebagai subjek penelitian adalah siswa di Raudhatul Aisyiyah Mundan. Teknik analisis data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara anak dengan metode bernyanyi pada siswa Raudhatul Aiysiyah Mundan tahun ajaran 2016/2017 dengan perolehan nilai ketuntasan dari pra siklus yang tuntas ada 4 siswa (13,3%), pada siklus I ada 10 siswa (33,3%), dan pada siklus II ada 22 siswa (73,3%). Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan metode bernyanyi yaitu dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak pada siswa Raudhatul Aisyiyah Mundan Tahun ajaran 2016/2017.
Downloads
Article Details
References
Achmadi, Abu, dkk. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Aisyah, Nyimas, dkk., 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD.Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional,Jakarta.
Allen, K Eileen & Marotz, Lynn R. (2010). Profil Perkembangan Anak: Pra Kelahiran hingga Usia 12 Tahun. Jakarta: PT. Indeks.
Anwar, M. (2000). Peranan Gizi dan Pola Asuh dalam Meningkatkan Kualitas Tumbang Anak. http / anak.ad.co.k/berita baru/berita. Ap? Id = 169
Bastiano, dkk. 2008. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Basuki, Sulistyo. 2006. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.
Bernstein, M and Picker, M. 1972. An Introduction to Music (4th Edition). NewJersey, USA
Campbell, Reece dan Mitchell. 2003. Biologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gardner, Howard. 20012. Kecerdasan Majemuk. (Terjemahan Drs. Alexander Sindoro). Batam Centre: Interaksara.
Handojo, 2003. Autisma: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi, (Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2019). The Institutional Role Of Farmer Groups To Develop The Production Of Cocoa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 81-87.
Kuntjojo. 2011. Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. http://ebekunt. wordpress.com/2010/07/27/strategi-pembelajaran-untuk-anak-usia-dini/
Kusman K dan Mahmud.1989. Mosaik Budaya. Yogyakarta: Kota Kembang.
Lexy, J. Moleong. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahmud dan Fat. 1999. Pengantar tentang Musik Anak-Anak dan Dasar dasar mengarang Nyayian. Jakarta: Depdikbud.
Morris, Charles G. (2002), Understanding Psychology. Michigan: Prentice Hall.
Mudhoffir. 1992. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung : Rosda Karya.
Mulyati, Yeti. 2012. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nuraeni. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPG
Owens, C. M. 2003. Coated Poultry Products. Didalam: Sam, A. R. Poultry Meat Processing. CRC Press. London.
Pekerti Widia, dkk. 2008. Metode Pengembangan dan Seni. Universitas Terbuka.
Puspita, D. (2006). Peran Keluarga Pada Penangangan Individu Autistik. Dipetik 10 04, 2015, dari Komunitas Puterakembara: http://komunitas puterakembara.net/joomla/peran-keluarga-pada-penanganan-individu
Puspitasari, Heni. 2008. Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat (Stdi Deskriptif pada Anggota TBM Pasca Keaksaraan Fungsional di Desa Legok Kecamatan Taktakan Kab Serang Prov Banten). Bandung: Tidak Diterbitkan.
Rike Setiawati. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal (Survey Pada Perusahaan Sanitaer di Kota Jambi). Jurnal ManajemenKeuangan dan Portofolio Vol. 1. No. 1 2011
Ruseffendi, 2003. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. IKIP Bandung Press. Bandung
Ruseffendi, E.T. (2003). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non- eksakta Lainny. Semarang: IKIP Semarang Press.
Saifuddin AB. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta:
Satibi. 2005. Metode Pengembangan Bahasa Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Seefeldt Carol, dan Wasik Barbara A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Penterjemah: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks
Soeparno. 2002. Dasar – Dasar Linguistik. Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya.
Sudaryono. 2011. Dasar dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Sudjana, D. 2004. Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.
Suhartono. 2005. Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Supriyadi, W. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.
Tantranurandi. dkk.. 2008. Metode Bernyanyi [online]. Tersedia : 24 April 2017].
Tarigan, Henry Guntur. 1991. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung Angkasa:
Undang-Undang Pendidikan Nasional. No. 2 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
United Nations Development Programme. (2011). Human Development Report 2011.[Online]. Tersedia: http://hdr.undp.org/en/ [14 Juni 2017].