EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BERITA PADA SISWA KELAS X MA ANNUR NUSA KECEMATAN KAHU KABUPATEN BONE

Main Article Content

Jumriati Jumriati

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca berita dengan menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Revie) pada siswa X MA ANNUR Nusa Kecematan Kahu Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian yakni siswa kelas X MA ANNUR Nusa Kecematan Kahu Kabupaten Bone yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.


Penelitian ini dilaksankan dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi dalam bentuk catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuntitatif dan kualitatif.  


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Revie) dapat meningkatkan keterampilan membaca berita pada siswa kelas X MA ANNUR Nusa Kecematan Kahu Kabupaten Bone. Peningkatan sikap dan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran membaca berita meningkat dari pratindakan dalam kategori kurang, pada siklus II meningkat pada kategori baik. Nilai rata-rata keterampilan membaca berita siswa dari pratindakan sebesar 60,88 pada siklus I nilai rata-rata 71,27, dan pada tindakan siklus II nilai rata-rata membaca berita siswa meningkat menjadi 81,45. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran, hendaknya guru bahasa Indonesia di kelas X  MA ANNUR Nusa Kecematan Kahu Kabupaten Bone menggunakan metode  SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) khususnya dalam keterampilan membaca berita agar  lebih aktif dalam proses pembelajaran.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jumriati, J. (2019). EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BERITA PADA SISWA KELAS X MA ANNUR NUSA KECEMATAN KAHU KABUPATEN BONE. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 227-238. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3013
Section
Articles

References

bidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Slamet, St. Y. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surabaya: UNS Press.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyaningsih, Lilis Siti. 2012. Metode SQ3R. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tampubolon. 2015. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Fokus Media.

Wibawa. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Grafindo Persada.