Pengaruh Penggunaan Media Schoology terhadap Hasil Belajar Program Dasar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sidenreng Rappang

Main Article Content

Syamsunir Syamsunir
Agussalim Agussalim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Schoology terhadap hasil belajar Pemrograman Dasar siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sidenreng Rappang.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Maka digunakan sampel keseluruhan yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 24 Laki-laki dan 10 Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Data dianalisis dengan teknik statistik imperensial dengan rumus t.tes yang ada hubungan. Dari hasil analisis data diperoleh nilai empiris sebanyak 8, 330 sedangkan  nilai t.tabel pada taraf signifikansi 5% sebanyak 2,040 dan taraf signifikansi 1% sebanyak 2,750.  Hal ini berarti nilai empiris lebih besar dari pada nilai t.tabel Dengan perbedaan perolehan nilai tersebut di atas, maka hipotesis nihil yang menyatakan “Tidak ada pengaruh media Schoology terhadap hasil belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sidenreng Rappang”, ditolak. Dengan ditolaknya hipotesis nihil ini, maka hipotesis kerja yang berbunyi “Ada pengaruh media Schoology terhadap hasil belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sidrap”, diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syamsunir, S., & Agussalim, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Schoology terhadap Hasil Belajar Program Dasar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sidenreng Rappang. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(2), 62-73. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3108
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2006. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Pers.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Cetakan 13 Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Bahri. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reka Cipta.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran , Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran , Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Satuan Pendidikan Dasar, Menengah dan Atas. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan, Bandung: Citra Aditama.
Riyana, Cheppy. (2008). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Sudjana, N. 1990 Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief S. dkk . (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.