Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain Peran di Kelompok B PAUD Kabupaten Belu

Main Article Content

Ashar Ashar

Abstract

Tingkat bahasa reseptif anak usia dini masih minim peningkatannya disebabkan karena salah satunya pada proses pembelajaran yang masih kuran berfariasi dilakukan di luar kelas, sehingga kegiatan bermain peran diupayakan sebagai solusi terhadap kendala yang dihadapi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini melalui kegiatan bermain peran (role playing) di kelompok B PAUD kabupaten Belu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang fokuskan pada situasi dan kondisi di kelas. Pengumpulan data terdiri dari teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisa data Penilitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada analisis data dan pembahasan pada siklus I dan II maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Kabupaten Belu. Hal ini terlihat dari beberapa peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak diantaranya Anak didik yang berkembang sangat baik/BSB pada siklus I pertemuan ke I dengan empat indikator mencapai 30% peningkatannya,  pada pertemuan selanjutnya dengan empat indikator mencapai 50% peningkatannya. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 dengan empat indikator mencapai 70% peningkatanya, pada pertemuan selanjutnya dengan empat indikator mencapai 85% peningkatannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ashar, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain Peran di Kelompok B PAUD Kabupaten Belu. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(2), 84-93. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3110
Section
Articles

References

Aisyah, Siti. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Uisa Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Bambang Sri Anggoro. 2016. Metode Pembiasaan Bermain Peran Dalam Mengenalkan Konsep Membilang Pada Anak Usia Dini: Di Kota Bandar Lampung
Christiana Hari Soetjiningsih. 2018. Seri psikologi perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak ahir. Depok: Prenada Media Group
Depdiknas. 2011.Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini 4-6 tahun. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum, Bolitbang
Dhieni, Nurbiana. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas terbuka.
Direktorat Pendidkan Anak Usia Ini Departemen Pendidkan Nasional 2003, Modul Pembuatan Dan Penggunaan APE(Alat Permainan Edukatif) Anak Usia 3-6 Tahun Jakarta.
Djawat dahlan. 2009. psikologi perkembangan anak dan remaja, Remaja Rosdakarya, Bandung
Ending Fatimah. 2006. psikologi perkembangan, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Gunarti, Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jahja, Yudrik. 2013. Psikologi perkembangan. jakarta: kencana. cetakan pertama Jurnal 2: Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Panitaia Sertifikai Guru.
Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD, Jakarta: Gunung Persada.
Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya,Wina. 2008. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Soemiarti Padmonodewo. 2008. Buku Ajar Pendidikan Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sujiono, Yuliani Nuraini dkk. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: PT Indeks, 2010.
Syaiful Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabet