Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar

Main Article Content

Erniati Erniati
Muslima Muslima
Nurhayati Rachim
M. Arfah Shidiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan menyimak teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar. Lokasi penelitian di SMP Negeri 11 Makassar yang berlokasi di jalan Kapasa kecamatan Tamalanrea kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskritif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan menyimak dengan penerapan model Discovery Learning. Data yang diperoleh dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan dengan tahapan kegiatan yakni; Perencanaan, Pelaksanaan Observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi penilaian keterampilan menyimak siswa, dan hasil teks kemampuan menyimak siswa serta dokumentasi hasil kerja siswa. Sedangkan kriteria keberhasilan yaitu dari segi hasil yang dicapai siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata keterampilan menyimak siswa meningkat dari siklus I ke siklus II mencapai 75 dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥75 (KKM keterampilan menyimak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak teks iklan siswa pada pra siklus nilai tara-rata 1,06 dari aspek penilaian Keefektifan siswa dalam memperhatikan penjelasan cukup; Kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru cukup ; Sikap siswa dalam menerima materi pembelajaran cukup; Ketahanan konsentrasi siswa cukup; dan hasil penelitian siklus I mencapai 68,21 dan pada siklus II meningkat, mencapai 84,43 dan sudah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditargetkan oleh peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Erniati, E., Muslima, M., Rachim, N., & Shidiq, M. A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Makassar. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 26-39. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3437
Section
Articles

References

Aminuddin M. Anwar. 2017 Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Skripsi. Universitas Islam Makassar.

Manarul, Ahmad. Teks Iklan, Pengertian, Struktur, contoh.www.materikelas.com/2015/10/iklan-pengertian-fungsi- struktur.html (diakses 3 Agustus 2019 pukul:12.22 wib).

Mustikawati, Firda. Menyimak sebuah iklan gaya bahasa ditemukan.mustikawati.blogspot.com. (Diakses 3 Agustus 2019 pukul:12.22 wib).

Sahir, Nurfadilah. 2016. Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pusat Padu Al-Fitra. Skripsi. Universitas Islam Makassar.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia group. Sidjianto. Makalah Menyimak Pdf. Metode pengajaran menyimak. https//id.scribd.com. (Diakses 17 Mei 2019 pukul:14.14 wita.)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pergembanganya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyadi. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Sampangan: Diva Press. Tarigan. 1990. Materi Menyimak Untuk Smp pdf. https//id.scribd.com. (diakses 17 Mei 2019 pukul:14.14 wita.)

Trianto Agus, ddk. 2018. Bahasa Indonesia. Jakarta: PusatKurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.