Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar

Main Article Content

Erniati Erniati
Lindayani Lindayani
Nurhayati Rachim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil kemampuan menulis teks eksposisi melalui strategi Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 30 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 30 Makassar berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Desain penelitian yang digunakan adalam model Kemmis & Mc. Taggart dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yaitu siklus II yang sudah terbukti keberhasilannya sehingga tidak dilanjutkan kepada siklus selanjutnya. Siklus II, terdiri atas empat kali pertemuan sebagai perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi dalam bentuk catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dengan mencari nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisisi kelas VIII.7 SMP Negeri 30 Makassar. Peningkatan sikap dan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran teks eksposisi meningkat dari pratinakan/kondisi awal berada dalam kondisi kurang, pada siklus II menjadi kategori baik. Pada pratindakan/kondisi awal nilai rata-rata kemampuan menulis siswa 51,19. Siswa yang mencapai nilai KKM (>75) sebayak sebanyak tujuh siswa (20%), sedangkan peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi pada siklus II meningkat sebesar 83,11%.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Erniati, E., Lindayani, L., & Rachim, N. (2021). Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(2), 103-114. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3466
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda karya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Penelitian TindakanKelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GavaMedia.

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas Badan Penelitiandan Pengembangan Pusat Kurikilum.


2008. Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Doyin, Mukhdan Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNESPress.

Gie, The Liang. 1992. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Herrhyanto, Nardan Akib Hamid. 2010. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iru La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model- model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.

Iskandarwasid dan Dandang Sunendar. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mustofa. 2010. Keterampilan Menulis. http://mustofa-menulis.blogspot.com /2010/11/keterampilan-menulis.html ( diakses 10 Februari 2019 Pukul 20. 45 Wita ).

Mutakdir, Abdul. 2011. Penerapan Metode Think, Talk, Write (TTW) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. ( diaksese 23 Februari 2019 Pukul 20.35 Wita ).

Nugriantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.

Priyanti, Endang T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rofi’uddin Ahmad dan Darmiyati Zuhdi. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Semi, A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yamin, Martinis dan Bansu I. Ansari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GPPress Group.

2007. Teknik Pembelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Zulkarnain. 2011. Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan Deskriptif dan berpikir kritis. ( diakses 17 Januari 2019 Pukul 19:25 Wita).