Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa di STAI Al-Hikmah Medan

Main Article Content

Makmur Syukri
Bunga Khairunnisa
Rasidah Hilwana

Abstract

Pembelajaran orang dewasa pada prinsipnya dilakukan dan disusun bersama-sama antara sumber belajar (dosen, tutor, pelatih) dan peserta didik (warga belajar, mahasiswa, peserta pelatihan, dll) ini berlaku sampai tahap evaluasi, di samping itu pula dalam pengembangan pembelajaran dengan prinsip andragogi peserta didik diberikan kewenangan untuk menyusun, dan melaksanakan program pembelajaran, serta melakukan evaluasi pada program tersebut secara mandiri. Prinsip dasar yang dijadikan pegangan adalah mengacu pada konsep “dari, oleh, dan untuk peserta didik”, sehingga peran sumber belajar (dosen, pelatih, pamong, tutor, fasilitator) bertindak sebagai orang memberikan bimbingan, dorongan atau arahan bila diperlukan. Konsep ini menunjukkan bahwa peserta didik menyusun program atas dasar aktivitas dan kemampuan mereka sendiri dengan modal pengetahuan, keterampilan serta sumber yang ada dan dapat mereka gunakan. Pendidikan orang dewasa adalah proses interaksi batin pembelajaran disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan orang dewasa itu sendiri ditujukan untuk mempersonalisasi orang dewasa  secara mandiri. Saat mengajar orang dewasa, situasinya sangat berbeda  ajari anak-anak. Orang dewasa itu kaya pengalaman. Siapa yang mau belajar ketika mereka merasa membutuhkan sesuatu hal ini memungkinkan dia untuk mengarahkan dirinya sendiri, saya juga memiliki orang dewasa sehingga saya dapat memenuhi kebutuhan mereka asumsi dan prinsip dalam pendidikan orang dewasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syukri, M., Khairunnisa, B., & Hilwana, R. (2022). Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa di STAI Al-Hikmah Medan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 65-68. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3664
Section
Articles

References

Asmin. 2005. Konsep dan Metode Pembelajaran Untuk Orang Dewasa (Andragogi).
H. Suprijanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa: dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Knowles, MS. 1977. The Modern Practice of Adults Education: Andragogy Versus Pedagogy. Chicago : Association Press.
Knowles, M. S. 1986. Ihe Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. (2nd ed.) Chicago : Follett.
Kamil, Mustofa. 2007. Teori Andragogi, R. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : Imperial Bhakti Utama.
Malcolm Knowles. 1975. Andragogy: Concepts for Adult Learning (Washington D.C.: Departement of Heatlth, Education and Welfare.