Membangun Keterampilan dan Disiplin Siswa melalui Budaya Literasi dan tata Tertib di SMK Widya Karya

Main Article Content

Candra Wijaya
Muhammad Syahyudi
Nur Mawaddah
Putri Angriani Nasution
Rafika Ayu Nasution

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana uapaya meningkatkan disiplin siswa dengan budaya literasi dan tata tertib di SMK Widya Karya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dikumpulkan dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa budaya kelas literasi dapat meningkatkan keterampilan siswa serta implemetasian tata tertip dengan perencanaan, pelaksanaan dan kegiatan spontan. Keteladanan yang diberikan oleh kepala SMK Widya Karya sebagai seorang pemimpin diterapkan melalui implementasi tata tertib sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wijaya, C., Syahyudi, M., Mawaddah, N., Nasution, P. A., & Nasution, R. A. (2022). Membangun Keterampilan dan Disiplin Siswa melalui Budaya Literasi dan tata Tertib di SMK Widya Karya. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 69-72. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3675
Section
Articles

References

Kemendikbud. 2015. Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. Diakses pada tanggal 20 Maret 2020.
Pamungkas, A. S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasi Literasi pada Materi Bilangan bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pedidikan Sekolah Dasar, Vol.3, No. 1, page 228-240.
Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendiikbud. 2018. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Widiastono, Tonny D. 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Kompas.
Zubaedi.2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Bengkulu: Kencana.