Kemampuan Menentukan Unsur Instrinsik Cerpen Filosofi Kopi Karya Dee Lestari Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa

Main Article Content

Herawati Arief

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukkan kemampuan siswa kelas X  SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa mengidentifikasi unsur tema dalam cerpen Filosofi kopi karya Dee Lestari. Menetukan kemampuan siswa SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa Mengidentifikasi unsur amanat dalam cerpen Filosofi kopi karya Dee Lestari. Menentukkan kemampuan siswa SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa mengidentifikasi unsur alur dalam cerpen Filosofi kopi karya Dee Lestari. Menentukan kemampuan siswa kelas SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Contoh  yang ditetapkan yaitu 30  siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Filosofi Kopi Karya Dewi Lestari Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa”, maka ditarik kesimpulan, bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa mampu dalam menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Filosofi Kopi Karya Dewi Lestari. Hasil pekerjaan siswa telah mencapai pada tolok ukur yang ditentukan yaitu 97%. Teknik pengumpulan data ialah cara yang dilakukan dalam mengumpulkan data yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan membagikan sebuah cerpen yang kemudian siswa akan menentukan tujuh unsur intrinsik cerpen. Tiap unsur intrinsik akan memiliki masing-masing skor.Adapun langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1. Peneliti melakukan observasi lapangan untuk mengetahui jumlah  dan keadaan siswa.  2. Peneliti mengadakan diskusi dengan guru-guru Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Untuk mengetahui penguasaan kemampuan menetukan unsur intristik cerpen siswa tersebut. 3. Data yang telah terkumpul melalui tes akan dianalisis dengan teknik presentase, melalui langkah-langkah sebagai berikut. (1) Mengurutkan lembar kerja siswa; (2) Memeriksa setiap lembar jawaban siswa untuk mengetahui kelengkapan data; (3) Memberi skor pada jawaban siswa dan mengelompokkan hasil tes tersebut berdasarkan aspek yang diteliti dan menyusunnya ke dalam sebuah tabel untuk mempermudah menganalisis data; (4) Mengolah skor yang diperoleh siswa tersebut menjadi nilai; (5) Menghitung kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. mengidentifikasi unsur instrinsik cerpen per aspek dan seluruh aspek; (6) Menginterpretasikan presentase tingkat kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. mengidentifikasi kemampuan Mengapresiasi cerpen; (7) Menyimpulkan hasil analisis data sesuai masalah penelitian; (8) Peneliti melaporkan hasil penelitian. Hasil analisis data ini diperoleh dari hasil pekerjaan siswa yang telah dianalisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang hasil akhirnya dalam bentuk angka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arief, H. (2022). Kemampuan Menentukan Unsur Instrinsik Cerpen Filosofi Kopi Karya Dee Lestari Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 78-88. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3800
Section
Articles

References

Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara.
Aminuddin.2008. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.Bandung: Sinar Dunia
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV.Jakarta: Gramedis Pustaka Utama.
Djaminingin, Sulastriningsih Dan Mahmudah, 2007. Pengantar Prosa Fiksi dan Drama. Makassar:Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Djamin, Sulastriningsih 2011.Strategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran dan Inovatif dan Sastra.Makssar Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Dola, Abdullah.2007.Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama.Makassar.Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Kasmawati.2015.Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makassar.Skripsi.Makassar:FBS UNM.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.2013.Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VII.Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan.2013.Informasi Kurikulum2013.Jakarta: Kurikulum2013.Jakarta:Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Nurudin,2007.Dasar-Dasar Penulisan.Malang:UMM Pers.
Nursisto,2004.Ikhtisar Kesustraan Indonesia.Jakarta:Pay Cita.
Nugriyantoro,B.2009.Penilaian Pengajaran Bahasa DanSastra.Yogyakarta:BPFE
Nurgiyantoro,Burhan.2009.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro,Burhan.2012.Penilaian dan Pengajaran Bahasa I Berbasis Kompetensi.Yogyakarta:BPFE
Naryatin,Agus.2010.Mengabadikan Pengalaman Dalam Cerpen.Semarang: Yayasan Adhigama.
Pasaka Wallek, Rene Austin Warren.1989.Teori Kesustraan.Jakarta:Gramedia
Rahmanto,B.1996.Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta:Kanisius.
Sagala,Saiful.2009.Supervisi Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.
Sumardjo,Jakob dan Saini K.M.1998.Apresiasi Kesustraan.Jakarta:Gramedia
Sumardjo.J.1982. Apresiasi Sastra.Jakarta:Gramedia.
Suharianto.S.1982.Dasar-Dasar Teori Sastra.Surakarta:Widya Duta.
Tarigan,Henry Guntur. 2008.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Teeuw,A.1988. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantaran Teori Sastra. Jakarta: Girimukti.
Wena,Made.2010.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer(Suatu Tinjauan Konseptual Operasional).Jakarta:Bumi Aksara.
Zainurrahman,2011.Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung:Alfabeta.