PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LIFE SKILL MENJAHIT PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C

Main Article Content

Iman Syarif
Saidang Saidang
Umaruddin Umaruddin

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjawab dua permasalahan yakni 1) Mengetahui bagaimana pendekatan humanistik dalam pelaksanaan pembelajaran Life Skill Menjahit program pendidikan kesetaraan paket C di SPNF SKB Kabupaten Enrekang 2) Mengetahui out put pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran Life Skill Menjahit di SPNF SKB  Enrekang. Penelitian ini dilakukan di SPNF SKB Enrekang . Subyek penelitian adalah Kepala SPNF SKB Enrekang,  Kesetaraan dinas Pendidikan Kabupaten, Staf administrasi SPNF SKB Enrekang, Penilik Pendidikan Luar Sekolah, Tutor dan  warga belajar Warga Belajar. Pendekatan penelitian adalah  kualitatif yang bertujuan untuk menggali konsep pelaksanaan pendidikan humanis dalam pembelajaran Life Skill Menjahit pada SKB Kabupaten Enrekang . Hasil dari penelitian di SPNF SKB Enrekang yaitu : pertama, Pendekatan Humanisik dalam proses Pembelajaran Life Skill Menjahit Paket C di SKB Enrekang meliputi pendekatan humanistik dalam rekrutmen warga belajar, Pendekatan humanistik dalam pengelola terhadap tutor, Pendekatan humanistik terhadap warga belajar, Pendekatan humanistik tutor terhadap warga belajar. Kedua, Out put pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran Life Skill Menjahit paket C bahwa warga belajar telah : 1) Membentuk kepribadian mandiri,positif, dan peka terhadap fenomena sosial. 2) Membiasakan melakukan hal-hal yang bersifat positif, demokratis, partisipatif dan humanis 3) Menciptakan Suasana pembelajaran yang saling menghargai, kebebasan berpendapat dalam mengungkapkan ide dan gagasan 4) Merasa senang, bergairah, dan berinisiatif dalam belajar.

Article Details

How to Cite
Syarif, I., Saidang, S., & Umaruddin, U. (2020). PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LIFE SKILL MENJAHIT PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 77- 87. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/393
Section
Articles