PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA GURU TERHADAP SISWA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Main Article Content

Syaparuddin Syaparuddin
Elihami Elihami

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan siswa sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik, lebih memberdayakan siswa dan tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi lebih mendorong siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya melalui interaksi dengan objek, pengetahuan awal yang mereka miliki, pengalaman, dan lingkungan siswa. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara.

Article Details

How to Cite
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA GURU TERHADAP SISWA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 41-46. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/394
Section
Articles