Teori Kajian dalam Upaya Pendekatan Peningkatan Kualitas Belajar Alam dalam Pembelajaran Biologi

Main Article Content

Anti Veronika
Lissa Herayanti
Nur Afifah Suranda
Nurhassanah Marbun
Suci Ramadhani Rangkuti
Syahro Raihan Tika Nst
Rohani Rohani
Rabiah Afifah Daulay

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kecenderungan penelitian yang digunakan dalam pendekatan kualitas belajar alam pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Penelitian ini berlangsung di platform digital dengan menggunakan search engine Google di dua situs yaitu Directory of Open Access Journal/DOAJ (https://doaj.org/) dan Garba Rujukan Digital/Garuda (http://garuda.ristekbrin.go.id/). Data dianalisis secara sequential explanatory dengan cara menganalisis data secara kuantitatif diikuti dengan analisis kualitatif, dengan cara menarasikan kecenderungan tujuan, metode (desain, teknik sampling, instrumen, analisis data) dan hasil penelitian. Hasil pencarian dan seleksi artikel pustaka menemukan bahwa hanya tujuh artikel yang dapat melewati tahapan penilaian kualitas. Dari ketujuh artikel pustaka tersebut, kecenderungan penelitian yang dapat ditemukan yaitu pada tujuan penelitian, artikel pustaka cenderung mengukur hasil belajar siswa (44%) sebagai tujuan yang akan diteliti. Desain penelitian yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu quasi-experimental (50%) dengan bentuk pretest-posttest design. Teknik sampling yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu purposive sampling sebanyak empat artikel pustaka. Untuk mengukur hasil belajar siswa, instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk objektif ataupun uraian sebanyak 5 artikel pustaka (42%). Analisis data yang cenderung digunakan yaitu Uji N gain sebanyak dua artikel pustaka. Serta seluruh artikel pustaka menyatakan bahwa hasil penelitian berpengaruh signifikan terhadap tujuan dari penelitian tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Veronika, A., Herayanti, L., Suranda, N. A., Marbun, N., Rangkuti, S. R., Tika Nst, S. R., Rohani, R., & Daulay, R. A. (2022). Teori Kajian dalam Upaya Pendekatan Peningkatan Kualitas Belajar Alam dalam Pembelajaran Biologi. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 116-126. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/3943
Section
Articles

References

Kitchenham, B. and Charters, S. (2007) Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering, Technical Report EBSE 2007-001, Keele University and Durham University Joint Report.
Siwi, D. A., Sari, N. K., & Prasetya, K. (2016). Desain Model Praktikum IPA Berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bendosari. Premiere Educandum, 6, 180–188.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Wahono, R. S. (2007). A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Journal of Software Engineering,
1(1), 1–16.
https://doi.org/10.3923/jse.2007.1.12
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Saiful. 2014.” Penerapan Model Pembelajaran Project Based Larning Disertai Media FLIPCHARTS dan Media Video Ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Keingintahuan.” Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Banaszewski, Thomas M. 2005. Digital Storytelling: Supporting Digital Literacy In Grades 4 – 12. Ebook.
Digital Storytelling Association. 2011.“Leslie Rule, Digital Storytelling Association.”
Diakses pada 20 Maret 2018 (http://electronicportfolios.com/digistory/).

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT.Raja Persada.

Heriyana, W., & Maureen, I. yolanita. (2014). Penerapan Metode Digital Storytelling pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik, VOL 2, No, 1–9. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8471

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kuaitatif). Jakarta. Gaung Persada Group.

Jensen, M., Christensen, J., Morales, C., & Summers, P. (2013). DRY CANYON WARD ‐ YOUNG SINGLE ADULTS ( Age 18 ‐ 30 ) YOUNG SINGLE ADULTS ( Age 18 ‐ 30 ) ‐ MEMBERSHIP IN YSA WARDS : HIGH SCHOOL SENIORS ( 8 ), (April), 2013.

Kaur, M. (2013). Blended Learning - Its Challenges and Future. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 612–617. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.248.