Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Main Article Content

Arfah Dina
Dendi Yohanda
Julia Fitri
Masrifatul umnia Hakiki
Sukatin Sukatin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjabarkan bentuk kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan (2) mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dan (3) mengidentifikasi kendala guru dalam meningkatkan muitu pendidikan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari transkrip dari wawancara yang dilakukan kepada Guru dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen.Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  tahapan  analisis  data menurut Mc Millan dan Sally Schumacher.Hasil dari penelitian ini adalah (1) kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah sebagai berikut: (a) menyiapkan buku guru dan buku siswa sebelum proses pembelajaran, (b) memahami buku siswa dan buku guru, (c) membuat RPP sesuai kebutuhan dengan beberapa penyesuaian, (d) guru selalu menyisipkan pesan moral ketika proses pembelajaran, (e) untuk meningkatkan minat belajar siswa, guru menerapkan sistem reward dan punishment, (f) guru mengembangkan potensi kognitif siswa dalam pembelajaran, (g) menyediakan alat dan media pembelajaran baik media nyata maupun dengan menggunakan LCD, dan (h) menyiapkan instrumen penilaian. (2) upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagi berikut: (a) mengadakan pelatihan berupa diklat kurikulum 2013 dan (b) progam sertifikasi guru.(3) Kendala guru dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu:  (a) pembelajarannya sulit diterima peserta didik terutama kelas bawah, (b) penilaian di kurikulum 2013menyita banyak waktu bagi guru, (c) materi yang  tidak sesuai dengan usia dan tingkatannya dalam penggunaan buku guru dan siswa, (d) kesiapan guru dalam mengajar yang kurang, (e) guru merasa terbebani dengan penilaian autentik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., Hakiki, M. umnia, & Sukatin, S. (2022). Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 149-158. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4009
Section
Articles

References

Sirodjuddin, Ardan. 2014. Mengapa Pendidikan Indonesia Saat ini Tidak Mampu Menciptakan Generasi Hebat Penerbit :Guraru
Tamam, Rosid. 2014. Tunjangan Profesi Guru Meningkatkan Mutu Pendidikan Penerbit :Guraru
Aka, Hawari. 2012. Guru Yang Berkarakter Kuat. Jakarta: Laksana
Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurdin, Syarifuddin. dkk. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers
Saud, Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Alfabet
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Widiastono, Tonny. 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Buku Kompas.