Penguatan Karakter Toleransi Sosial pada Siswa SMP Negeri 2 Sukodono melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Video

Main Article Content

Atik Wulidatus Silsi
Akhmad Qomaru Zaman
Bernadetta Budi Lestari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penguatan toleransi sosial yang dibentuk sekolah melalui pembelajaran PKn berbasis video. 2) Untuk mengetahui strategi pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis video di SMP Negeri 2 Sukodono. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat menyatakan bahwa siswa di SMP Sukodono masih perlu penguatan karakter toleransi sosial. Penguatan karakter toleransi sosial yang dilakukan sekolah adalah dengan membuat buku referensi siswa, jurnal siswa dengan tujuan untuk membangun sikap toleran terutama dalam menanamkan nilai-nilai seperti demokrasi, toleransi dan menghargai perbedaan. Peran guru dalam hal ini adalah memberikan penguatan karakter toleransi melalui pembelajaran PKn. Pembelajaran PKn dapat dilakukan melalui kegiatan pembiasaan yang dibimbing dengan menggunakan media berbasis video.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Silsi, A. W., Zaman, A. Q., & Lestari, B. B. (2022). Penguatan Karakter Toleransi Sosial pada Siswa SMP Negeri 2 Sukodono melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Video. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 159-165. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4020
Section
Articles

References

Adrianto, Tuhana Taufiq. 2011. Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Atriyanti, Y. (2020). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 368 376.https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/574
Daryanto & Darmiatun, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Indonesia, P. M. P. N. R. (2008). Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. Bab I tengang Tujuan, Sasaran dan Ruang Lingkup, pasal, 3.
Kaelan, M. S. 2016. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta:Paradigma.
Moleong, L. J. 2015. Metode Penenlitian Kualitatif. Cetakan Ke-XXXV. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchlas Samani dan Hariyanto. 2013:232. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik INdonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Retnani, D., Muhyi, M., & Handoyo, T. (2011). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Melalui Semangat PAGI sebasgai Suatu Gagasan. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 57(2).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Konteporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.