IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik menyimak dan mencatat. Teknik validasi data mengunakan Triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan redukasi data, display data dan gambaran kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa dengan bentuk-bentuk implementasi gerakan literasi sekolah meliputi menambah buku yang menarik, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, membuat jurnal membaca, membuat pojok baca dan membuat lingkungan yang kaya akan teks, melaksanakan berbagai perlombaan yang mendukung kegiatan literasi dan membuat perpustakaan yang menarik perhatian siswa.
Downloads
Article Details
References
Ardian, R. (2017, December). Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Banyuasin I (Implementasi Permendikbud No. 23 Tahun 2015). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Azimah, R., & Kurniaman, O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4), 934-947.
Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S. (2017). Keefektifan budaya literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk meningkatkan minat baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204-209. Safitri, L.,
Faradina, N. (2017). pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.
Fauziah, S. N., Faziah, S. N., Nupus, F. S., Ulfi, N., & Sapitri, S. (2020). Evaluasi Minat Baca Siswa melalui Program Literasi Sekolah. NUSANTARA, 2(1), 108-116.
Hafizah, H., Utama, A., & Saragih, N. S. (2019). Peran Gerakan Literasi Di Sekolah Dalam Membentuk Minat Baca Siswa Di Sma Kartika I-2 Medan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 81-88). FBS Unimed Press.
Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.
Imran, I., Aswar, K., Pratiwi, N., Aynul, N., & Syafril, S. A. (2017). Budaya Literasi Melalui Program Gls Dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Siswa SD Negeri Melayu. Pena: Jurnal Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Unismuh, 4(1), 701-711.
Muslim, A. H., & Hawanti, S. (2019). Pengaruh membaca 15 menit terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Nurrahmi, R. (2019, March). GERAKAN LITERASI KELAS SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 1, No. 01).
Permatasari, F. (2019). PROBLEMATIKA PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH. JURNAL KOULUTUS, 2(1), 138-143.
Wanelly, W. (2019). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(2), 406-413.
Yuliani, L. P. K. (2017). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH di KELAS 3 SD DYATMIKA. Buku Proceeding Konferensi Nasional Guru Dan Inovasi Pendidikan (KONASGI), 53.
Yunianika, I. T. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507-513.