Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru SDIT Nurul Madani Bandar Setia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan budaya organisasi yang dapat meningkatkan profesionalisme guru di sekolah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif; Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kajian pustaka. Analisis data dilakukan dengan analisa dalam bentuk kata verbal dan uraian deskriptif. Cara pembahasan yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan pola pikir induktif, yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa yang bersifat empiris kemudian temuan tersebut dipelajari dan dianalisis sehingga bisa dibuat suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik budaya organisasi di sekolah, yaitu (1) observed behavioral regularities; (2) norms; (3) dominant value; (4) philosophy; (5) rules dan (6) organization climate. Karakteristik tersebut sangat menunjang untuk peningkatan kinerja guru di sekolah. Budaya organisasi di sekolah berkorelasi dengan peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa serta kepuasan kinerja guru.
Downloads
Article Details
References
Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2011. Manajemen Pendidikan Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana
Muhammad As’ad. 1995. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty
Richard L. Daft. 2007. Memahami The Thory dan Desain Organisasi. Universitas Vanderbilt Thomson Barat Daya
Sobirin Ahmad. 2007. Budaya Organisasi, Pengertian Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Stephen P. Robbins & Timothy A. Hakim. 2007. Perilaku Organisasi, Edisi Keduabelas. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.