Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Siswa SMAN 2 Mamuju

Main Article Content

Ansar Ansar
Syahban Mada Ali
Eka Alwiah Haseng

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan mengidentifikasi teks prosedur siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mamuju sebagai kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil belajar mengidentifikasi teks prosedur kelas X2 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mamuju dengan nilai rata-rata pada pretest 63,00%, nilai minimum 45, maximum 75, dan nilai pada saat setelah pemberian treatment dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together nilai rata-rata pada posttest 83,21%, minimum 79, dan maximum 98. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together efektif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks prosedur siswa, ini dilihat setelah melakukan pretest dan posttest nilai kemampuan siswa mengidentifikasi teks prosedur siswa efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ansar, A., Ali, S. M., & Haseng, E. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Siswa SMAN 2 Mamuju. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 221-229. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4115
Section
Articles

References

1. Ali, S. M., & Hasanah, N. (2020). The Effect of Outline to Improve Students Writing'Ability at the Second Year Students of SMAN 3 Mamuju. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 98-103.
2. Ali, S. M. (2020). DEVELOPING THE STUDENTS’ABILITY IN WRITING THROUGH GUIDED QUESTIONS TECHNIQUE. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 360-366.
3. Anggela, Anastasia. Sahputra, Rachmat. Oktora, Rizky. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Pembelajaran Kooperatif TipeNumber Head Together (NHT). Jurnal Narasi (online). Diakses tanggal 10 Februari 2020. JPD , p-ISSN : 2252-8156, e-ISSN : 2579-3993.
4. Artati, Y Budi. Darmawati, Uti. 2016. PR Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta : Intan Pariwara.
5. FKIP. 2016. Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Edisi Revisi. Mamuju: Universitas Tomakaka.
6. Heryanto, Imam. Triwibowo, Totok. 2018. Path Analysis Menggunakan SPSS dan Excel. Bandung. Informatika.
7. Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
8. Ilmia, Nuryana. Sucahyo Imam. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Narasi (online). Diakses tanggal 21 Februari 2020. Volume 08 Nomor 03. ISSN : 2302-4496.
9. Inasafitri. 2020. Keefektifan Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membuat Rangkuman Alur Tentang Isi Buku Fiksi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mamuju. Skripsi. tidak diterbitkan. Mamuju : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fkip. Universitas Tomakaka.
10. Iskandar, Fariana. 2016. Kemampuan Mengidentifikasi Fakta dan Opini dalam Teks Surat Kabar Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Jurnal Narasi (online). Diakses tanggal 10 Februari 2020. Volume 14 Nomor 1. ISSN 1693-4164.
11. Nurkanti. 2015. Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Teks Drama. Jurnal Narasi ( online). Diakses tanggal 10 Februari 2020. Volume 1 Nomor 2.
12. Payadnya, I Putu Ade Andre. Jayantika, I Gusti Agung Ngurah Trisna. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta. Deepublish.
13. Qurniawati, Annik. Sugiharto. Saputro, Agung Nugroho Catur. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Kartu Pintar dan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal narasi (online). Diakses tanggal 20 Februari 2020. Volume 2 Nomor 3. ISSN 2337-9995.
14. Ratnasari. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Lingkungan Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas VIII MTs. Nurul Iman Bunde Kabupaten Mamuju. Skripsi. tidak diterbitkan. Mamuju : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia. Fkip. Universitas Tomakaka.
15. Rosmawati. 2014. Efektivitas Penggunaan Bahasa Untuk Meminimalisasi Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Proses Pembelajaran Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tappalang Barat. Skripsi. tidak diterbitkan. Mamuju : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fkip. Universitas Tomakaka.
16. Samsiah. 2020. Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah DDI Lombang-lombang Kabupaten Mamuju. Skripsi. tidak diterbitkan. Mamuju : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fkip. Universitas Tomakaka.
17. Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Prenadamedia Group.
18. Setiyaningsih, Ika dan Meita Sandra Santhi. 2018. PR Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 1. Yogyakarta: Intan Pariwara.
19. Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.
20. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.