MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING MAHASISWA SEMESTER II PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS TOMAKAKA MAMUJU

Main Article Content

Ansar Ansar
Silvin Panca Rina Oktavia

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen menggunakan metode mind mapping mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju.(2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa semester dua pendidikan bahasa dan sastra indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju dalam menulis cerpen menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju yang diambil secara sengaja (purpossive sampling)yakni sebanyak 28 mahasiswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui test tertulis dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis cerpen menggunakan metode mind mapping mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju mengalami peningkatan, yakni sebesar 39,3%. (2) Peningkatan kemampuan mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia Universitas Tomakaka dalam menulis  cerpen dengan menggunakan metode mind mapping menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Merujuk pada analisis data hasil tes menunjukkan skor sebesar 78,6% yang dikategorikan dalam klasifikasi tuntas secara klasikal. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas Tomakaka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ansar, A., & Oktavia, S. P. R. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING MAHASISWA SEMESTER II PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS TOMAKAKA MAMUJU. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(1), 86-93. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4122
Section
Articles

References

1. A.Muryanto, Kristiawan. 2007. Aku Pandai Menuis Cerpen. Yokyakarta: Citra Aji Parama.
2. Ali, S. M., & Hasanah, N. (2020). The Effect of Outline to Improve Students Writing'Ability at the Second Year Students of SMAN 3 Mamuju. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 98-103.
3. Ali, S. M. (2020). Developing the students’ ability in writing through guided questions technique. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 360-366.
4. Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
5. Buzan Toni. 2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
6. Gunawan, arief. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis.dialog. (Online). http://gunawan-arief.blogspot.com. Di akses 13 Juli 2014.
7. Hasanah, N., & Ali, S. M. (2020). The Students’ Motivation in Writing through Mind Mapping at Tomakaka University of Mamuju. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 341-346.
8. Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
9. Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
10. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
11. Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
12. Sidijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
13. Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
14. Sukardi, Ph. D. 2011. Metodologi penelitian, Pendidikan Kompotensi dan Grafiknya Jakarta: Bumi Aksara
15. Susetyo, Budi. 2010. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
16. Zainal Aqib. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung. Yrama Widya