KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MAMUJU

Main Article Content

Ansar Ansar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence  dalam meningkatkan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju menggunakan model pembelajaran concept sentence. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pre-test Post-test Design, yaitu Kelompok Tunggal yang tidak mengenal kelompok pembanding yang subjeknya diteliti secara serentak atau sekaligus menjadi kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menenngah Pertama Negeri 2 Mamuju yang diambil secara sengaja yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui test tertulis dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan model Pembelajaran Concept Sentence efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju. (2) Peningkatan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju menunjukkan hasil yang sangat positif, yaitu Nilai rata-rata pada pretest 54,06%, dengan nilai minimum 25, maximum 75, dan nilai pada saat setelah pemberian treatment dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence nilai rata-rata pada posttest 76,72%, minimum 60 dan maximum 90. Merujuk pada analisis data hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil belajar pada Posttest dan perubahan sikap siswa menjadi lebih positif setelah diterapkan model pembelajaran concept sentence. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju.

Article Details

How to Cite
Ansar, A. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MAMUJU. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 388-397. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4123
Section
Articles

References

1. Aplikasih IMB SPSS Statistik Versi 22
2. Dahman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali
3. Dardjowidjojo Soenjono.2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
4. Fitasari, Wahyu Nur, dkk. 2018. Pengaruh Model Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah Salaman Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal (on line) tanggal 16 November 2020. Volume 6 Nomor 56.http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/suryabahtera/article/view/6013.
5. Fitriani, F., Nur, R. H., Bustamin, B., Ali, S. M., & Nurisman, N. (2019). Improving Students' Descriptive Text Writing by Using Writing in the Here and Now Strategy at the Tenth Grade Students of Vocational High School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6), 632-636.
6. FKIP Unika Mamuju. 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Mamuju: Universitas Tomakaka.
7. Hasibuan, Dosma Gita A. 2019.Pengaruh Penggunaan Model Concept Sentence Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Berita Pada Kelas VII SMP Yapim Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal (on line) tanggal 16 November 2020. https://scholar.google.com/scholar.
8. Hidayah Ashar. 2017. Pengembangan Model TIL (The Information Literacy Tipe The Big6 Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal (on line) diakses tanggal 10 November 2020. Volume 4 Nomor 1. https://core.ac.uk/download/pdf/233601251.pdf.
9. Kosasih, E. dan Endang Kurniawan. 2018. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
10. Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Kharisma Putra Utama Offset.
11. Miranda Ade. 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kamampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas Viii Smp Islam Terpadu Ishlahul Ummah Prabumulih. Jurnal (on line) diakses tanggal 10 November 2019. http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5015/.
12. Mufatiroh Navida. 2017. Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Ulasan Melalui Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Batu. Jurnal (on line) tanggal 16 November 2019. https://scholar.google.com/scholar.
13. Rifa, Ely Susanti. 2019. Efektivitas Model Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal (on line) tanggal 10 November 2019. http://digilib.unimed.ac.id/36992/.
14. Sriani, Ni Ketut, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Pada Siswa Kelas VII B Smp Negeri 2 tampaksiring. Jurnal (on line) tanggal 16 November 2019. https://scholar.google.com/scholar
15. Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung
16. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, cv
17. Triyono. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yokyakarta: Ombak