INCREASING STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT THROUGH READING GUIDE METHOD

Main Article Content

Enni Enni
Dian Riana

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas. PTK memiliki empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Mamuju. Indikator tersebut sebesar 85% dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Terjadi peningkatan yang signifikan dari nilai siswa, nilai rata-rata di setiap siklus, meskipun siswa mencapai indikator ketuntasan. Hal ini terlihat pada tes diagnostik dimana tidak ada satu siswa yang mencapai nilai KKM dan nilai rata-rata 59. Pada siklus I menunjukkan 15 siswa mencapai nilai KKM 42% dengan nilai rata-rata 67, pada siklus II 20 siswa dengan persentase 47% rerata skor 72 dan siklus III adalah 31 dalam persentase 86% dengan rerata 78 yang telah mencapai skor KKM. Berdasarkan indikator ketuntasan penelitian tuntas dikatakan apabila siswa mencapai KKM dengan persentase 85%, terlihat pada siklus III terdapat 86% siswa yang mencapai nilai KKM. Artinya penelitian dengan menggunakan metode Reading Guide dapat meningkatkan pemahaman membaca teks secara deskriptif siswa kelas X SMK Negeri 1 Mamuju.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Enni, E., & Riana, D. (2019). INCREASING STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT THROUGH READING GUIDE METHOD. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 239-247. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4141
Section
Articles

References

[1] Adnyana, Made. 2014. Teaching Reading Comprehension through Collaborative Learning to the Eighth Grade Students of SMPN 2 Sukawati in Academic Year 2013/2014. Journal Naration (online). Diakses tanggal 18 Agustus 2018. Http://eprints.uny.ac.id/madeadnyana.pdf.
[2] Fauziyah. Yayah. 2014. The Effectiveness of Using Reading, Encoding, Annotating and Pondering (Reap) Technique Towards Students’ Reading Skill of Descriptive Text. Journal Naration (online). Diakses tanggal 18 Agustus 2018. Http://repository.uinikt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24840/.../Yayah%20Fauziyah.pdf.
[3] Fransiska, Fredina. 2015. Effectiveness of Reading Guide Method Toward the Students Reading Arabic Skill at the XI IPS Grade of MAN Demak. Journal Naration (online). Diakses tanggal 20 Agustus 2018. Http: 2303 4l1015/FredinaFransiska/2015.pdf.
[4] Mufarohah, Siti. 2017. Improving the Students’ Learning Motivation in Bahasa Indonesia on Reading Aloud Text by using Reading Guide Method at III Grade of MI Islam Pucangro Kalitengah Lamongan. Journal Naration (online). Diakses tanggal 20 Agustus 2018. Http://esprints.uny.ac.id.pdf.
[5] Qodir, Rianto. 2012. Bentuk-Bentuk Pedoman Observasi. Journal Naration (online). Diakses tanggal 16 Agustus 2018. Http://riantoabdaodir.bloa spot. co.id/2012/12/ben tuk-bentuk-pedoman-observasi. h tml.
[6] Samin, Cah. 2015. Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh). Article (online). Diakses tanggal 16 Agustus 2018. Http://artikel.blogspot.co.id/ 2015/11/teks-deskriptif-penqertian-ciri-tuiuan-contoh-indonesia.html.
[7] Zakiyah, Siti. 2011. Improvings Students’ Reading Comprehension of Descriptive Text through Contextual Teaching and Learning (CTL) (Action Research at Second Grade of Bakti Mulya 400 Junior High School Jakarta). Journal Naration (online). Diakses tanggal 20 Agustus 2018. Http://eprints.uny.ac.id/SitiZakiyah/9129980.pdf.