PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK IMAGINE SISWA KELAS VIII SMPN 45 MAKASSAR

Main Article Content

Rosary Iriany

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran menulis puisi  dengan menggunakan Teknik Imagine.  (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Teknik Imagine, (3) mendeskripsikan evaluasi dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Teknik Imagine.


            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitain menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menulis puisi dapat dimaksimalkan dengan menggunakan Teknik Imagine, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Teknik Imagine tidak saja difokuskan pada hasil pembelajaran, melainkan juga proses pembelajaran, (3) kemampuan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Teknik Imagine tidak saja difokuskan pada hasil pembelajaran, tetapi juga pada proses pembelajaran.


Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keseluruhan data yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kuantitatif dari seluruh aspek.


Berdasarkan proses hasil menulis puisi pratindakan yaitu yang mampu nilai di atas 68 (KKM) sebanyak 3 siswa (11,53%) dan yang di bawah 68 (KKM) sebanyak 23 siswa (88,46%) dan hasil evaluasi menulis puisi sikus I yaitu yang mampu niai di atas 68 (KKM) sebanyak 6 siswa (23,07%) dan yang nilai di bawah 68 (KKM) sebanyak 20 siswa (76,92%) sedangkan hasil evaluasi sikus II yang mampu nilai di atas 68 (KKM) sebanyak 24 siswa (92,30%), dan yang nilai di bawah 68 (KKM) sebanyak 2 siswa (7,69%). Hasil penelitian yang menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam menulis puisi mengalami peningkatan.


Untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi  dikalangan siswa, maka disarankan kepada guru/praktisi untuk senantiasa menggunakan metode yang sesuai tingkat kemampuan siswa dan secara teknik hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan para guru Indonesia dalam mengajar menulis puisi.

Article Details

How to Cite
Iriany, R. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK IMAGINE SISWA KELAS VIII SMPN 45 MAKASSAR. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 398-415. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4177
Section
Articles