Implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Karakter Usia 5-6 Tahun di TPA Asoka Makassar

Main Article Content

Andi Rezky Nurhidaya
Malni Malni

Abstract

Pengasuhan peningkatan karakter anak sudah mencapai berkembang sangat baik. Rumusan permasalahan peneliti yaitu. Bagaimana implementasi pengasuhan anak usia dini dalam meningkatkan karakter anak usia 5-6 tahun di TPA Asoka Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian pengasuhan anak usia dini dalam meningkatkan karakter anak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Di TPA Asoka Makassar  pendidik dan pengasuh sudah menerapkan langkah-langkah penerapan karakter kedisplinan, kemandirian dan kerja sama yang telah dicapai sesuai harapan yang diperoleh ke 6 anak tersebut. Yaitu dimulai dengan pendidik atau pengasuh dalam menerapkan pendidikan karakter menggunakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus, mulai peserta didik masuk gerbang  dengan berjabat tangan serta mengucap salam kepada pendidik atau pengasuh sampai penjemputan anak didik oleh orang tua. Adapun jenis kegiatan dalam implementasi pendidikan karakternya yaitu membuang sampah pada tempatnya, menyimpan barang minuman pada tempatnya, tidut siang pada waktunya, berdoa sebelum makan dan sesudah makan, berbaris yang rapih pada saat masuk kelas, melepas dan menyimpan sepatu pada tempatnya, melepas tas  dan menyimpan pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, membuang sampah, membantu temannya dalam kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhidaya, A. R., & Malni, M. (2022). Implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Karakter Usia 5-6 Tahun di TPA Asoka Makassar. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 8-14. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4195
Section
Articles

References

Ali Mohammad, 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, (Bandung: Angkasa).

Amini Muktia, 2010. Peran pengasuhan Guru Pada Pembentukan Karakter Anak sejak Dini (Jakarta: Skripsi).

Andrianto Taufiq Tuhana, 2011. mengembangkan karakter sukses anak di era cyber, (Jokjakarta: Ar-Ruzz Median).

Arikunto Suharsimi, 2010. Prosdur penelitian: suatu pendidikan praktik, (Jakarta: Rineka Cipta).

Asnani ma’mur Jama, 2015. panduan praktis Manajemen Mutu Guru PAUD, (Yogyakarta: Diva Proses).

Budimansyah Dasim,2010. penguatanpendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa (Bandung: Widya Aksara Pres).

Chandrawati Titi Yufiarti, 2009. Profesionalitas Guru PAUD (Jakarta Universitas Terbuka).

Diana Mutia, 2010. Psikologi Bermain anak Usia Dini, (Jakarta: Preneda Media Group).

Fermando Kevin, pembuatan sistem informasi taman penitipan anak sanggar kreativitas universitas surabaya.

Gnawan Heri, 2017. pendidikan karakter, (Bandung; ALFABETA).

Komariah Aan dan Satrio Djam’an, 2013. metodologi penelitian kualitati, (Bandung: Alfabeta).

Kurniawan Samsul, 2014. Pendidikan Karakter: konsepsi dan implementasinya secara terpadu lingkungan keluarganya, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat, (yokyakarta: Ar-Ruzz Media).

Kusuma Darma, dk,2003. Pendidikan karakter,(Bandung: Ramaja Rosdakarya).

Lexy J, 2012. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif: Edisi Refisi, (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Mukti Amini, Amini Muktia, 2010. Peran pengasuhan Guru Pada Pembentukan Karakter Anak sejak Dini (Skripsi, Jakarta).
Purti Rahmanik Novia,2018. Implementasi peranan Taman penitipan Anak (TPA) Sebagai Wahana Pengasuhan anak Bagi Orang Tua Bekerja (Skripsi, Bandar lampung).

Saidah U.H, 2016. pengantar pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers, PT Raja Grafindo Persada).

Susanto Ahmad, Drs, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana)

UU RI Tahun, 2005. tentang guru dan dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas (Bandung: Citra Umbara).

Sugiono, 2013. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R dan D, (Bandung, Alfabeta).