Potensi Pendidikan dan Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Ulumahuam

Main Article Content

Ahmad Budi Sakti Tambak
Yani Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan untuk memastikan dampak  kompetensi pendidikan yang mungkin pada penggunaan teknologi masyarakat dan sumber daya manusia. Salah satu masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kecamatan Silangkitang Sumatera Utara, adalah Desa Ulumahuam. Proses penulisan menggunakan pendekatan tinjauan pustaka (library research). Diskusi mengarah pada kesimpulan bahwa teknologi pendidikan adalah proses yang canggih dan komprehensif untuk memeriksa dan menyelesaikan masalah dengan pembelajaran manusia dan akademik. Teknologi dalam pendidikan lebih dari sekedar perangkat keras. Ini terdiri dari tata letak dan pengaturan yang membuat pelajar tertarik. Teknologi juga dapat mencakup strategi atau pendekatan apa pun yang dapat diandalkan untuk mendorong pembelajaran, termasuk teknik pembelajaran kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Keunggulan, peran, dan tujuan teknologi pendidikan antara lain mendukung produksi pengetahuan melalui alat, menyelidiki pengetahuan untuk mendukung siswa melalui informasi, mendukung pembelajaran berbasis berbicara melalui media sosial, dan mendukung siswa secara intelektual. Kualitas pendidikan dan sekolah dapat ditingkatkan melalui teknologi pendidikan. proses belajar mengajar dapat dibuat lebih efektif dan efisien. Penggunaan  teknologi instruksional dapat memfasilitasi keberhasilan akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi Pendidikan dan Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Ulumahuam. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 20-30. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4305
Section
Articles

References

Andri, Rogantina Meri. (2017). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains Vol.3 Nomor 1
Budiati, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA di MTSN Gondowulun.
Dwimawati, Eny. Faheza Beliansyah, Salwa Afiah Zulfa. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Teknologi Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Gunung Menyan. Abdi Dosen :Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Volume 03 Nomor 01.
Eska Perdana Prasetya (2017), Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreatifitas, Jurnal Abdi Dosen
Nurjaya, Azhar Affandi, Dodi Ilham, Jasmani Jasmani, Denok Sunarsi. (2021). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kemampuan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kinerja Aparatur Desa Pada Kantor Kepala Desa Di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), Vol. 4 No. 3.
Ritonga, Anas Habibi, Muhammad Jamil, H. Harvius, Ahmad Mukhlishin. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian, Vol 12, No 2.
Sa'diyah, Halimatus. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah Vol. 1 Nomor 2.
Safri, Hayanuddin. (2019). Manajemen sumber daya manusia global terhadap tinjauan uu nomor 13 tahun 2003. Informatika: Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu. Vol.7 No.1.