MEMBANGUN KARAKTER YANG ISLAMI MELALUI AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG

Main Article Content

Nurul Afifa
Elihami Elihami

Abstract

Segala aktivitas manusia dan tingkah lakunya didominasi oleh lingkungan yang mempengaruhi bahkan karakter bisa terjadi karena bawaan manusia sejak lahir. Yang menjadi perhatian kita sebagai manusia, bangaimana jika penyimpangan terjadi pada manusia terkait kasus yang marak dilingkungan kita seperti pencurian, pembunuhan, bahkan prilaku korupsi ketika menjadi pimpinan di negeri ini. Karena sejatinya islam merupakan ajaran yang taklepas dari berprilaku, berakhlak, dan berbudi pekerti yang baik seperti yang dicontohkan oleh nabi Muhammada Saw. Dalam hal ini amal usaha muhammadiyah dalam bidang pendidikan memberikan kontribusi positif  diantarannya penguatan terhadap religious, kejujuran, bersifat moderat, serta sikap intelektualnya melalui mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

Article Details

How to Cite
Afifa, N., & Elihami, E. (2020). MEMBANGUN KARAKTER YANG ISLAMI MELALUI AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(2), 15-23. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4324
Section
Articles

References

[1] Adibah, Faroh. (2018). Peningkatan Daya Saing UMKM Kabupaten Pasuruan Untuk Menopang Perekonomian Nasional Dalam Menghadapi Persaingan Global. MAGISTRA: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 85–92.
[2] Adit, Albertus. (2020). Berikut Ini Pedoman PJJ Luring dalam Masa Darurat Covid-19. Retrieved from Kompas.com website: https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/05/181621171/berikut-ini-pedoman- pjj-luring-dalam-masa-darurat-covid-19?page=all
[3] Agusriadi, A., Elihami, E., Mutmainnah, M., & Busa, Y. (2021, February). Technical Guidance for Learning Management in a Video Conference with the Zoom and Youtube application in the Covid-19 Pandemic Era. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012119). IOP Publishing.
[4] Alawiyah, Faridah. (2012). Akses Pendidikan Tinggi Dan Penyebamnnya The Access And Distribution Of Higher Education. Kajian, 13(3), 301–328.
[5] Aminullah, A., Witilar, H., Misna, M., & Elihami, E. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Budaya Masserempulu Tema Keragaman Negeriku di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 25-30.
[6] Aniq, Amalia dan, & Fatonah, Siti. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148–164.
[7] Anshori, Sodiq. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1).
[8] Asrianti, A., Baas, I. B., Elihami, E., & Yusfika, Y. (2021). Islamic Monumental Works is important for politic and educational psychology: Key Issues and Recent developments in Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 146-153.
[9] Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
[10] Efendi, A., & Elihami, E. (2019). GUIDE-LINING FOR LEARNING TO OPTIMIZING LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 56-62.
[11] Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
[12] Elihami, E. (2022). Concept of'Meaning of Words and Terms' in Elementary School learning: A review of literature. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 61-69.
[13] Elihami, E. (2022). Describing about ‘Teachers and Kemuhammadiyahan’in elementary School Department: A review of literature. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 49-54.
[14] Elihami, E. (2022). Describing of Ethnopedagogical Leadership Contribution to Towani Tolotang Community Based on Local Wisdom Values in Elementary Schools. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 55-60.
[15] Elihami, E. (2022). E-Learning Process in Elementry School: Bibliometrics Approach. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 15-24.
[16] Elihami, E. (2022). Relationship between nonformal education and Islamic Education in the Context of 2045 Agenda towards Education 4.0 and Society 5.0: Bibliometric Analysis. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 985-996.
[17] Elihami, E. (2022). Supporting about ‘education’in elementary School: A review of literature. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42-48.
[18] Elihami, E. (2022). Systematic literature reviews in teachers’ attitude on students’ performance for learning after a vaccine for Covid-19. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 6-12.
[19] Elihami, E., & Ibrahim, I. (2019). TEACHING TO VARIATION IN LEARNING FOR NON FORMAL EDUCATION DEPARTMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 29-40.
[20] Elihami, E., & Nurhayani, N. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA PAPAN FLANNEL DI KELOMPOK BERMAIN.
[21] Elihami, E., & Rahman, A. (2022). Implementing of Full Day School in improving the quality of Islamic Religious Education. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 9-15.
[22] Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
[23] Elihami, E., & Suparman, S. (2019). IMPROVING THE SKILLS OF CHILDREN MOZAIK THROUGH MERONCE IN MEDINA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 29-32.
[24] Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
[25] Elihami, E., & Syarif, I. (2017, November). LEADERSHIP MANAGEMENT AND EDUCATION PLANNING: DEVELOPING THE ENTREPRENEURSHIP TRAINING OF ISLAMIC EDUCATION. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 1, No. 01).
[26] Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah
[27] Fahrudin, Adi. 2012. Pemberdayaan, Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung : Humaniora.
[28] Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 857-867.
[29] Kamil, Mustofa. 2009. Pendikan non-formal (pengembangan melalui pusat kegiatan belajar mengajar PKBM di indonesia, sebuah pembelajaran dari kominkan japan). Bandung: Alfabeta
[30] Kris H. Timotius. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan, Yogyakarta: Penerbit Andi.
[31] Mabaroh, Ilmiyatur Rosidah, Ana Ahsana El Sulukiyyah, Diah Anita Pusparini, Masrurotul Muzayadah, Dini Puspitawati, Maya Paramitha Dewanty Sudirman, Aqidatul Mujaddidah, Dewi Masitho , Sony Sukmawa, & Suchaina, M. Bayu Firmansyah. (2020). Beradaptasi dengan Perubahan: Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.
[32] Machendrawaty, Nanih dan Ahmad Safei, Agus. 2001. Pengembangan Masyarakat Islam. Bandung : Rosdakarya.
[33] Mansyur. M. Khalil. 1984. Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Surabaya : Usaha Nasional Indonesia.
[34] Masruroh, Fita. (2010). Dampak Sertifikasi Sebagai Program Peningkatan Profesionalisme Guru Terhadap Kesejahteraan Dan Kinerja Guru. PROGRESIVA,N 4(1), 33–44.
[35] Mufassaroh, Adib Rifqi Setiawan dan Arij Zulfi. (2020). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Retrieved from thesiscommons.org website: https://thesiscommons.org/7tngk/
[36] Musdalifah, M., Baharuddin, B., Jabri, U., Elihami, E., & Mustakim, M. (2021, February). Building The Management System: Designs on the use of Blended Learning Environment. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012120). IOP Publishing.
[37] Muthmainnah, M., Hasan, H., Asrifan, A., Heriyanto, H., & Elihami, E. (2022). Efektivitas Strategi Omaggio Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Fabel Terintegrasi Media Youtube. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 863-874.
[38] Napitupulu, Rodame Monitorir. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan
[39] Oos M. Anwas. 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global, Bandung: Alfabeta.
[40] Sedarmayanti.2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Refika Aditama..
[41] Shin, J. H., Haynes, R. B., & Johnston, M. E. (1993). Effect of problem-based, self-directed undergraduate education on life-long learning. CMAJ: Canadian Medical Association Journal, 148(6), 969.
[42] Soetomo. 2015 Pemberdayaan Masyarakat Mungkinkah Muncul Antitesisnya?, cetakan ke 3, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
[43] Sudarwati, Ninik. 2009. Kebijakan pengen- tasan kemiskinan (mengurangi kega- galan penanggulangan kemiskinan, Intimedia.
[44] Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung : Refika Aditama.
[45] Sulistiyani. 2004. Kemitraan dan model- model pemberdayaan. Yogyakarta: Gaya Media.
[46] Sumarto. 2010. Jurus mabuk membangun ekonomi rakyat, Jakarta: Indeks.
[47] Suryadiputra, I Nyoman N., dkk. 2005. Pemberdayaan Masyarakat di lahan Garnbut, Bogor : Wetlands International
[48] Syaodih Sukmadinata, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
[49] Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO PADA PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH PAKET C. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 187-200.
[50] SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
[51] Totok Mardikanto dan Poerwoko Soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Prespektif Kebijakan Publik, cetakan ke 3, Bandung, Alfabeta.