Increasing Students’ achievement in Writing Recount Text by Using Active Knowledge Sharing Strategy

Main Article Content

Rapi Hamdi Nur
Syahban Mada Ali
Rendra Kusuma Wijaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pra-eksperimental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Active Knowledge Sharing Strategy dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menulis teks recount di kelas VIII MTs Mandala Nusantara Kalukku. Analisis data menunjukkan bahwa, hasil frekuensi dan persentase pre-test dan post-test siswa. Kategori dominan pertama pada pre-test adalah kategori buruk dengan skor 9 (30%) siswa, kategori dominan kedua adalah kategori cukup dengan skor 13 (43.33%) siswa, sedangkan kategori dominan pertama pada post-test adalah kategori cukup baik oleh skor 18 (60%) siswa, kategori dominan kedua adalah kategori baik dengan skor 5 16.67%) siswa. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Hal ini berarti keterampilan menulis teks recount siswa telah meningkat. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa t-test lebih besar dari t-tabel. Sehingga Hipotesis Alternatif (H1) diterima. Artinya strategi tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis teks recount siswa kelas VIII MTs Mandala Nusantara Kalukku.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur, R. H., Ali, S. M., & Wijaya, R. K. (2021). Increasing Students’ achievement in Writing Recount Text by Using Active Knowledge Sharing Strategy. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(2), 125-135. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4327
Section
Articles

References

1. Ali, S. M. (2019). Improving Students’ Vocabulary Mastery through Word Wall Method at Ninth Graders of SMPN 1 Mamuju. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-7.
2. Ali, S. M., & Hasanah, N. (2020). The Effect of Outline to Improve Students Writing'Ability at the Second Year Students of SMAN 3 Mamuju. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 98-103.
3. Brown, H. D. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.
4. Gay, L.R. 2006. Education Research, Competencies for Analysis and Application, Eight Editin. Colombus. Ohio: Charles E, Merril Publishing.
5. Hasanah, N., & Ali, S. M. (2020). The Students’ Motivation in Writing through Mind Mapping at Tomakaka University of Mamuju. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 341-346.
6. Heaton, J. B. 1988. Writing English Language Tests. New York: Longman Group UK Limited.
7. Harmer. J. 2004. How to Teach Writing. New York: Longman Inc.
8. Munan, D. 1995:91 Language Teaching Mythology - A Textbook for Teachers. New York: Phoenix ELT.
9. Rahmi, Siti. 2014. The Effect of Using Active Knowledge Sharing Strategyonspeaking Ability at Smpn 1 Kampar Timur Regency. Riau: Universitas Islam Sultan Syarif Kasim.
10. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
11. Yunianto, Ardy Tri. 2014. Improving Students’ Writing Abilities in Writing a Recount Text by Using Journal Writing Of Class Viii A Students of Smp N 4 Sleman in the Academic Year of 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
12. Zemach, Dorothy E. and Lisa A. Rumisek. 2006. Academic Writing from Paragraph to Essay, Macmillan.