Karakteristik Guru Profesional dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah Saw

Main Article Content

Cecep Anwar
Ayu Qurrota ‘Ayun

Abstract

Dalam konteks pendidikan, guru yang profesional sangat dibutuhkan untuk mengembangkan mutu pendidikan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik guru profesional dalam perspektif Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad SAW. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Dengan menggunakan pendekatan tekstual yang dimaksudkan untuk mengkaji dan mengungkap ayat-ayat al-Qur'an dan hadits secara mendalam tentang karakteristik dan ciri-ciri guru profesional. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah buku atau karya ilmiah yang isinya dapat melengkapi data yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai pendidik mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan dan perkembangan peserta didik, sehingga guru harus memiliki sifat-sifat yang baik dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadist, yaitu: ikhlas dalam perkataan dan perbuatan, bertakwa kepada Allah SWT. Allah SWT dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, Selamat menuntut ilmu, Sabra menghadapi segala rintangan dan tantangan, serta bertanggung jawab terhadap murid-muridnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anwar, C., & ‘Ayun, A. Q. (2022). Karakteristik Guru Profesional dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah Saw. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 31-40. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4373
Section
Articles

References

Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
Al-Qur’an In Ms. Word. ‘A’, n.d.
Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Fatah Yasin. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset, 2008.
Ma’arif, A, S. Peta Bumi Intelektual Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1993.
Mahadir, M. Sayid. ‘Profesionalisme Guru Dalam Pandangan QS. Al-Isra: 84’. RAUDHAH Proud To Be Professionals, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Desember, 3, no. 2 (2018): 84.
Muhammad Ibn Isma’il al-Bukhari. Sahih Al-Bukhari. Edited by Tarqim Wa Tartib Muhammad Fu’ad Abd al-Baqi. 1st ed. Kairo: Dar Ibn Hazm, 2010.
Muhammad Ibn Yazid al-Quzwaini. Sunan Ibnu Majah. Kairo: Al-Mansurah: Dar Al-Mawaddah, 2012.
Muslim. Sahih Muslim. 2378th ed. Kairo: Dar Ibn Hazm, 2010.
N, Muhadjir. Ilmu Pendidikan Dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarat: Rake Sarasin, 2000.
Nasution. ‘Guru Profesional Dalam Perspektif Hadits Tarbawi (Tela’ah Dalam Kitab Sunan At-Tirmidzi Karya Sekh Abu Isa Muhammad Ibnu Isa Ibnu Saurah)’. Andragogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2021).
Nurdin, M. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Prisashopia, 2004.
Surya, M. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: CV. Aneka Ilmu, 2003.