Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reflektif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Main Article Content

Arfah Arfah

Abstract

  Masalah dalam penelitian ini adaalah rendahnya hail belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Haisl Belajar Siswa dalam menggunakan model pembelajaran reflektif pada mata pelajaran Matematika di kelas VII SMP Negeri 20 Medan T.A 2021/2022.Jenis  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sedangkan objek penelitian ini adalah hail belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan penerapan model dan pembelajaran Reflektif .Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Pada pre test awal diperoleh tes hasil belajar siswa pada materi pokok pecahan yaitu dengan nilai rata-rata 46 dan presentase 17% (4 siswa ).Setelah diterapkan model pembelajaarn reflrktif pada siklus II diperoleh tingkat pencapaian hail belajar mencapai nilai rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 92% (22 siswa ).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hail belajar siswa bila diterapkan paad pelajaarn matematika dengan materi pecahan di Kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arfah, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reflektif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 41-47. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4396
Section
Articles

References

Dewi, Rosmala.2010.Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan : Pasca Sarjana UNIMED.
Istarani. 2012.58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Rahayu,Siti. 2006. Psikologi Perkembangan Anak .Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Sardiman.2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : PUSTAKA BELAJAR
Slameto. 2010.Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhinya .Jakarta : PT Rineka Cipta
Sudijono, Anas.2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus.2010.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susulaningsih, Endang. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 5. Jakarta :PT Galaxy Puspa Mega