PENERAPAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS VII SMPN 45 MAKASSAR

Main Article Content

Rosary Iriany

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran berbicara dalam kemampuan berpidato siswa kelas VII SMPN 45Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 45 Makassar yang berjumlah 46 orang. Pengambilan sampel ditetapkan dengan cara purposive sampling dan yang terpilih kelas VII A dengan jumlah sampel 26 orang siswa. Berdasarkan hasil perencanaan, evaluasi pratindakan menunjukkan bahwa kemampuan berpidato siswa kelas VII SMPN 45 Makassar  rendah. Hal ini dinyatakan karena yang mampu memperoleh nilai diatas standar ketuntasan minimal (SKM) yaitu 68, haya 3 siswa (11,53%)  dan yang belum mencapai standar sebanyak 23 siswa (88,46%). Sedangkan tahap pelaksanaan pembelajaran berbicara dalam kegiatan berpidato dalam penerapan strategi rekonstruktif tidak hanya berhasil meningkatkan minat dan kreativitas siswa melainkan juga pengetahuan dan keterampilan guru. Kemudian hasil evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara meningkat, dapat dilihat dari hasil siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 siswa (23,07%) dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 20 siswa (76,92%). Meningkat pada siklus II dengan hasil yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa(92,30%) dan hanya 2 siswa (7,69%) yang tidak mencapai KKM. Adapun saran dalam penelitian ini yakni guru bidang studi khususnya pelajaran bahasa Indonesia agar menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif dan bervariasi agar siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iriany, R. (2020). PENERAPAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS VII SMPN 45 MAKASSAR. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(2), 30-44. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4426
Section
Articles

References

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Gagne, Robert. 2003. The Condition of Learning. New York: Holt.
Nugraha, Adrian, R. 2009. Pandai Berpidato. Bandung: Gading Inti Prima.
Nurgiyantoro, Burhan. 2019. Penilaian Pembelajaran Berbahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Sinar Baru.